FUNGSI ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: 4 Keluarga di Lorong 20 Kecamatan KOJA Jakarta Utara)

Muhammad Dhimas Syaputra, . (2022) FUNGSI ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: 4 Keluarga di Lorong 20 Kecamatan KOJA Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (971kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 2 hal, 1) fungsi dari keluarga dalam melaksanakan pendampingan pendidikan anak dalam keluarga di lorong 20 Kecamatan KOJA pada masa pandemi covid-19, 2) serta membahas dampak yang ditimbulkan dari pendampingan yang dilakukan oleh para orang tua terhadap perubahan sikap anak selama pendidikan jarak jauh dilaksanakan di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data diambil melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi dengan analisis data deskriptif yang mendalam. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan keempat informan yang merupakan Ayah dan Ibu yang memiliki anak yang masih bersekolah. Keempat informan itu adalah Bapak V dan Ibu K, Bapak E dan Ibu S, Bapak D dan Ibu R, Bapak J dan Ibu N. Data sekunder yang didapat dari beberapa sumber literatur juga ditambahkan kedalam penelitian ini, triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ketua RT008 Bapak E, Ketua RT007 Bapak S, dan Ketua RW006 Bapak S, triangulasi data berfungsi untuk menjaga keabsahan dan keaslian data yang didapatkan pada penelitian ini. Penelitian ini dimulai sejak bulan November 2021 sampai Februari 2022. Hasil penelitian adalah 1) analisis mengenai bentuk pendampingan yang digunakan oleh para orang tua yang menjadi informan dalam penelitian ini, selain itu, 2) dalam melaksanakan pendampingan pendidikan anak juga dilihat bagaimana orang tua memberdayakan keluarga sebagai media anak untuk belajar selama masa pandemi covid-19. 3) fungsi orang tua dalam melaksanakan pendidikan jarak jauh dinilai masih kurang, orang tua tidak bisa memaksimalkan fungsi dalam memberikan pendidikan kepada anak karena berbenturan dengan pekerjaan rumah tangga yang lainnya. 4) Dampak dari pendampingan yang dilakukan oleh para orang tua, terjadinya perubahan sikap anak dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh yaitu anak lebih cenderung bermain gawai karena pembelajaran jarak jauh yang mengharuskan anak untuk memegang gawai lebih lama dan anak yang lebih ketergantungan dalam mencari jawaban instan tanpa harus belajar. Kata Kunci : Pendidikan, Anak, Orang tua, Pendampingan, Pandemi, Covid-19 This study aims to describe 2 things, 1) the role and function of the family in carrying out educational assistance for children in families in hallway 20 of KOJA District during the Covid-19 pandemic, 2) and discuss the impact of the assistance provided by parents on changes in children's attitudes during distance education carried out during the co-19 pandemic. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques were taken through in-depth interviews, observation, and documentation with in-depth descriptive data analysis. The primary data in this study were obtained from interviews with the four informants who are fathers and mothers who have children who are still in school. The four informants were Mr V and Mrs K, Mr E and Mrs S, Mr D and Mrs R, Mr J and Mrs N. Secondary data obtained from several literature sources were also added to this study, the triangulation used in this study was the Head RT008 Mr E, Head of RT007 Mr S, and Head of RW006 Mr S, data triangulation serves to maintain the validity and authenticity of the data obtained in this study. This research started from November 2021 to February 2022. The results of the study were 1) an analysis of the forms of assistance used by parents who were informants in this study, in addition, 2) in carrying out child education assistance, it was also seen how parents empowered families as a medium for children to learn during the Covid-19 pandemic. 3) The role and function of parents in carrying out distance education is considered to be lacking, parents cannot maximize their role in providing education to their children because it conflicts with other household chores. 4) The impact of the assistance provided by parents, there is a change in the attitude of children in carrying out distance learning, namely children are more inclined to play devices because distance learning requires children to hold devices longer and children who are more dependent on finding instant answers without having to study. Key Words : Education, Children, Parents, Mentoring, Pandemic, Covid-19

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si 2). Suyuti, S.Pd.I., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Demografi, Penduduk, Ilmu Kependudukan
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 16714 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2023 05:12
Last Modified: 07 Feb 2023 05:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36761

Actions (login required)

View Item View Item