TRUST DAN JOB SATISFACTION SEBAGAI MEDIASI VIRTUAL LEADERSHIP TERHADAP TASK PERFORMANCE

RICHARD SURUNGAN HUTAJULU, . (2023) TRUST DAN JOB SATISFACTION SEBAGAI MEDIASI VIRTUAL LEADERSHIP TERHADAP TASK PERFORMANCE. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab rendahnya task performance staf PPIC di PT. Charon Pokphand Indonesia, Tbk (CPI), yang sejak April 2020 mengalami perubahan pola kerja dari tradisional menjadi virtual. Berdasarkan kajian teori dibangun model hipotesis yang menduga bahwa trust dan job jatisfaction berperan sebagai mediasi pengaruh virtual leadership terhadap task performance. Untuk membuktikan model tersebut, penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) Amos yang menganalisis data yang diperoleh dari 434 staf PPIC yang telah bekerja virtual lebih dari 1 tahun. Hasil analisis membuktikan bahwa trust hanya sebagai mediasi parsial yang lebih kecil peranannya daripada pengaruh virtual leadership secara langsung terhadap task performance. Secara deskriptif diperoleh faktor gender sebagai penyebab peranan mediasi trust yang lebih kecil. Responden perempuan lebih rendah tingkat trust ketika bekerja secara virtual daripada laki-laki. Temuan lain membuktikan bahwa job satisfaction tidak signifikan sebagai mediasi. Secara deskriptif terlihat bahwa minimnya pengalaman bekerja virtual karyawan sebagai penyebab rendahnya job satisfaction ketika bekerja secara virtual. Seiring dengan meningkatnya frekuensi pengalaman karyawan bekerja virtual menunjukkan trend peningkatan job satisfaction. Penelitian ini merekomendasikan bagi manajemen CPI untuk mengakomodir hasil kajian dan temuan penelitian ini sebagai dasar penyusunan standard operational procedure karyawan bekerja virtual dalam upaya meningkatkan task performance. Penelitian ini juga merekomendasikan bagi peneliti selanjutnya untuk menyempurnakan hasil penelitian ini dengan menambah variabel gender dan frekuensi pengalaman kerja virtual dan dapat pula menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menambah wawasan yang luas dan mendalam tentang bidang penelitian ini. This study aims to analyze the causes of the low performance of PPIC staff at PT. Charon Pokphand Indonesia, Tbk (CPI), which since April 2020 has experienced a change in work patterns from traditional to virtual. Based on the theoretical review, a hypothetical model was developed which assumes that trust and job satisfaction play the role of mediating the effect of virtual leadership on task performance. To prove this model, this study uses Amos' Structural Equation Modeling (SEM) which analyzes data obtained from 434 PPIC staff who have worked virtually for more than 1 year. The results of the analysis prove that trust is only a partial mediation that has a smaller role than the direct influence of virtual leadership on task performance. Descriptively, it shows a smaller factor that causes the role of mediating beliefs, namely the gender factor. Female respondents have a lower level of trust when working virtually than men. Other findings prove that job satisfaction is not significant as a mediation. Descriptively, the lack of employee virtual work experience is the cause of low job satisfaction when working virtually. With increasing frequency of virtual work experiences, employees show a tendency to increase job satisfaction. This study recommends that CPI management accommodate research results and research findings as a basis for preparing SOPs for employees to work virtually to improve task performance. These results can be refined by adding gender and frequency variables to virtual work experience. Future studies can also use qualitative research methods to provide a broad and deep insight into this field.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Dewi Susita, SE., M.Si ; 2). Prof. Dr. I Made Putrawan, M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: Users 16770 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2023 06:42
Last Modified: 09 Feb 2023 06:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36769

Actions (login required)

View Item View Item