PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI BAHASA INGGRIS (Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Riau)

FRANSCY, . (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI BAHASA INGGRIS (Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Riau). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual dan gaya berpikir terhadap keterampilan menulis argumentasi bahasa Inggris. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial ANOVA 2 x 2, pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester III, Universitas Riau, Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen menulis argumentasi dan tes berbentuk kuesioner tertutup untuk mengetahui kecenderungan gaya berpikir mahasiswa, apakah divergen atau konvergen. Analisis data menggunakan teknik analisis varians (ANAVA) dua jalur dengan uji F dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis argumentasi bahasa Inggris mahasiswa secara signifikan (nilai rata-rata learning community > inquiry); 2) terdapat pengaruh gaya berpikir mahasiswa terhadap keterampilan menulis argumentasi bahasa Inggris secara signifikan (nilai rata-rata gaya berpikir divergen > konvergen); 3) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran kontekstual dan gaya berpikir terhadap keterampilan menulis argumentasi bahasa Inggris. Karena terdapat pengaruh interaksi, selanjutkan uji post hoc dilakukan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antarsel menggunakan Tuckey Test dan menunjukan bahwa; 4) mahasiswa yang memiliki gaya berpikir divergen dan diajar menggunakan teknik learning community memperoleh skor lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar dengan teknik inquiry; 5) mahasiswa yang memiliki gaya berpikir konvergen dan diajar menggunakan teknik learning community memperoleh skor lebih rendah dibandingkan dengan yang diajar dengan teknik inquiry; 6) mahasiswa yang memiliki gaya berpikir divergen dan diajar menggunakan teknik learning community memperoleh skor lebih tinggi dibandingkan dengan yang memiliki gaya berpikir konvergen; 7) mahasiswa yang memiliki gaya berpikir divergen dan diajar menggunakan teknik inquiry, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang memiliki gaya berpikir konvergen. Simpulan dari penelitian ini, penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada kegiatan menulis argumentasi bahasa Inggris harus mempertimbangkan gaya berpikir mahasiswa. Luaran dari disertasi ini meliputi; 1) diseminasi pada seminar international; 2) publikasi artikel international; 3) buku ber-ISBN; dan 4) HaKi. This research aims to analyze the effect of contextual learning approaches and thinking styles on students’ skill in writing English argumentation. This quantitative research used the experimental method of 2 x 2 ANOVA factorial design, chooses the students of English Education Program of Universitas Riau, Pekanbaru. The data collecting administered two instruments of writing English argumentation test and a closed questionnaire test to determine the type of tendency of divergent or convergent thinking styles. Data analysis used two-way anova with the F test at a significance level of 0.05. The findings of this sresearch are: 1) there is a significant effect of contextual learning approaches on students’ skill in writing English argumentation (the average score of learning community > inquiry) ; 2) there is a significant effect of students’ thinking styles on their skill in writing English argumentation (the average score of divergent > convergent thinking styles); 3) there is an interaction effect of contextual learning approaches and thinking styles on students’ skill in writing English argumentation. Based on the third result, the post hoc test was performed to identify the different effect between the cells using Tuckey test. The results are; 4) the divergent students taught by learning community scored higher in writing English argumentation than those taught using inquiry; 5) the convergent students taught by learning community scored lower in writing English argumentation than those taught using inquiry; 6) the divergent students taught by learning community scored higher in writing English argumentation than the convergent students; 7) there is no difference in writing English argumentation among the divergent and the convergent students taught by inquiry. Conclusion, the application of a contextual learning approach to English argumentation writing activities have to take into consideration the students' thinking styles. The output of this dissertation includes; 1) dissemination at international seminar; 2) publication of international article; 3) book with ISBN; and 4) Intellectual Property Rights.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Tulisan dalam Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 16800 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:35
Last Modified: 20 Feb 2023 01:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36885

Actions (login required)

View Item View Item