PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (PENELITIAN SURVEI DI WILAYAH KECAMATAN KEBON JERUK)

NUR INSYIRAH ANANDA, . (2023) PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (PENELITIAN SURVEI DI WILAYAH KECAMATAN KEBON JERUK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (911kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data partisipasi orang tua dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Kebon Jeruk. Responden penelitian ini adalah 120 orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun dan bersekolah di Kecamatan Kebon Jeruk. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survei dan pengumpulan data dengan meminta responden mengisi kuesioner atau angket online melalui Google Forms. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden orang tua dalam memberikan partisipasi yang tinggi hingga 94% dalam aspek Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas dan aspek Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Indikator orang tua mengizinkan anak belajar di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan memperoleh persentase tertinggi. Indikator tersebut berkaitan dengan kepercayaan dan kesediaan orang tua untuk mengizinkan anak kembali belajar di sekolah secara terbatas. Responden orang tua dengan karakteristik latar belakang pendidikan D3/S1, bekerja sebagai ibu rumah tangga, dan berusia 26-35 tahun memperoleh persentase tertinggi dalam memberikan keterlibatannya mendampingi anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua sudah tinggi dan baik dalam memberikan partisipasinya selama anak belajar di sekolah dan belajar di rumah. **** The purpose of this study was to obtain data on parental participation in Limited Face-to-Face Learning for children aged 5-6 years in Kebon Jeruk District, Respondents to this study were 120 parents who had children aged 5-6 years who attended school in Kebon Jeruk District. The sampling technique in this study used cluster random sampling. The method used in this study is a survey approach and data collection by asking respondents to fill out a questionnaire or online questionnaire via Google Forms. Overall, the results of this study indicate that most of the parent respondents provide high participation of up to 94% in the Limited Face-to-Face Learning aspect and the Distance Learning aspect. The indicator for parents allowing their children to study at school by implementing health protocols has the highest percentage. This indicator relates to the trust and willingness of parents to allow their children to return to school on a limited basis. Respondents’ parents with characteristics D3/S1 educational background, work as housewives, and aged 26-35 years get the highest percentage in providing involvement in accompanying children. The results of this study indicate that parents are high and good at providing their participation while their children are studying at school and studying at home. Keywords: participation, parents, Limited Face-to-face Learning, Distance Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Nurjannah, S.P., M.Pd. 2) Indah Juniasih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 16972 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:32
Last Modified: 21 Feb 2023 02:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36935

Actions (login required)

View Item View Item