PUTRI NURUL HANIFAH, . (2023) HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (275kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (354kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : (1) hubungan antara literasi digital dengan aktivitas belajar; (2) hubungan antara lingkungan keluarga dengan aktivitas belajar; (3) hubungan antara literasi digital dan lingkungan keluarga dengan aktivitas belajar. Populasi pada penelitian ini sebanyak 265 mahasiswa dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 160 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk data variabel literasi digital, lingkungan keluarga, dan aktivitas belajar. Pengujian validitas instrument menggunakan pearson product moment dan reliabilitas instrument menggunakan Alpha Cronbach. Uji Prasyarat Analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas, kemudian data di analisis menggunakan uji hipotesis uji-t dan uji-F dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Variabel literasi digital dengan aktivitas belajar yang ditunjukkan pada nilai rhitung = 0,281 > rtabel = 0,1552 dan nilai uji-t dengan thitung=3,675 >ttabel = 1,975. (2) Variabel lingkungan keluarga dengan aktivitas belajar yang ditunjukkan pada nilai rhitung = 0,578 > rtabel = 0,1552 dan nilai uji-t dengan thitung = 8,914 > ttabel = 1,975. (3) Variabel literasi digital dan lingkungan keluarga dengan aktivitas belajar yang ditunjukkan pada nilai rhitung = 0,588 > rtabel = 0,1552 dan nilai uji-F dengan Fhitung = 41,539 > Ftabel = 3,054. Kesimpulan dari peneleitian ini adalah: 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan literasi digital dengan aktivitas belajar, 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan lingkungan keluarga dengan aktivitas belajar 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara literasi digital dan lingkungan keluarga dengan aktivitas belajar Kata kunci : Literasi Digital, Lingkungan Keluarga, dan Aktivitas Belajar ABSTRACT **** The purpose of this study is to determine: (1) the relationship between digital literacy and learning activities; (2) the relationship between family environment and learning activities; (3) the relationship between digital literacy and family environment with learning activities. The population in this study was 265 students and the number of samples used was 160 students. This research is a correlational research with a quantitative approach. Data collection used questionnaires for data on digital literacy variables, family environment, and learning activities. Testing the validity of the instrument using Pearson product moment and instrument reliability using Alpha Cronbach. Prerequisite Test Analysis uses normality and linearity tests, then the data is analyzed using the t-test and F-test hypothesis tests with a significant level of 5%. The results showed: (1) Digital literacy variable with learning activities shown in the value of rcount=0,281>rtable=0,1552 and the value of t-test with tcount = 3.675> ttable = 1.975. (2) Family environment variable with learning activities shown in the value of rcountvalue=0.578> rtable = 0,1552 and the t-test value with tcount = 8.914> ttable = 1,975. (3) Digital literacy and family environment variables with learning activities shown on the value of rcount value = 0.588 > rtable = 0.1552 and F-test value with Fcount=41.539 > Ftable = 3.054. The Conclusions of this study are : (1) There is a positive and significant relationship between digital literacy and learning activities (2) There is a positive and significant relationship between family environment and learning activities(3) There is a positive and significant relationship between digital literacy and family environment with learning activities Keyword : Digital Literacy, Family Environment, Learning Activities
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Soeprijanto, M.Pd. 2). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 16812 not found. |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 03:07 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 03:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36936 |
Actions (login required)
View Item |