PENERAPAN KIDS TABLE TENNIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERMAIN TENIS MEJA PADA ANAK USIA 6 – 8 TAHUN DI HARAPAN MULIA JAKARTA PUSAT

ALFATH RACHMAN, . (2023) PENERAPAN KIDS TABLE TENNIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERMAIN TENIS MEJA PADA ANAK USIA 6 – 8 TAHUN DI HARAPAN MULIA JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi bermain tenis meja pada anak usia 6 – 8 tahun salah satu permainan yang dapat merangsang anak atau memberikan motivasi anak untuk bergerak dan bermain yaitu pada permainan Kids Table Tennis yang dilakukan oleh anak usia dini. Kids Table Tennis merupakan alternatif pembelajaran tenis meja di usia dini, hal ini dimaksudkan agar anak-anak menyukai pembelajaran tenis meja, dengan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak, maka anak akan merasakan bahwa permainan yang dimainkan tidak akan terasa membosankan dan melelahkan, yang dirasakan adalah rasa ingin bermain lebih lama lagi dan rasa ingin tahu lebih besar lagi. Pengambilan data di lakukan pada bulan Juni 2022 – Agustus 2022 yang bertempat di Harapan Mulia Jakarta Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Action Research, Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang anak sebagai subjek uji coba (praktek lapangan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode penyebaran angket kuesioner sebagai pengambilan data penelitian. Metode penyebaran angket dipilih untuk mendapatkan data primer. Penyebaran angket difokuskan kepada anak usia 6 – 8 tahun dalam bermain Kids Table Tennis yang berkaitan dengan masalah penelitian, yaitu mengenai penerapan Kids Table Tennis untuk meningkatkan motivasi bermain tenis meja pada anak usia 6 – 8 tahun di Harapan Mulia Jakarta Pusat. Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa motivasi bermain tenis meja dipengaruhi oleh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. This study aims to increase the motivation to play table tennis in children aged 6 - 8 years, one of the games that can stimulate children or provide motivation for children to move and play is the Kids Table Tennis game conducted by early childhood. Kids Table Tennis is an alternative to table tennis learning at an early age, it is intended that children like table tennis learning, with fun learning for children, the child will feel that the game played will not feel boring and tiring, what is felt is a sense of wanting to play longer and greater curiosity. Data collection was carried out in June 2022 - August 2022 at Harapan Mulia, Central Jakarta. The method used in this research is Action Research, The population used in this study amounted to 15 children as test subjects (field practice). The data collection technique in this study used the questionnaire questionnaire distribution method as research data collection. The questionnaire distribution method was chosen to obtain primary data. The questionnaire distribution focused on children aged 6-8 years in playing Kids Table Tennis related to the research problem, namely regarding the application of Kids Table Tennis to increase motivation to play table tennis in children aged 6-8 years at Harapan Mulia, Central Jakarta. The findings in this study are that motivation to play table tennis is influenced by intrinsic motivation and extrinsic motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd. ; 2). Dr. Drs. Zulham, M.Si.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: Users 16869 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:34
Last Modified: 24 Feb 2023 02:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36948

Actions (login required)

View Item View Item