PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN TATA RIAS KARAKTER HOROR PADA MATA KULIAH PENATAAN RAMBUT DAN RIAS FANTASI

ZAHRAH SHAFA, . (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN TATA RIAS KARAKTER HOROR PADA MATA KULIAH PENATAAN RAMBUT DAN RIAS FANTASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I - PENDAHULUAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II - LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III - METODOLOGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV - HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan E-Modul Tata Rias Karakter Horor pada penelitian ini menggunakan aplikasi Figma. Aplikasi Figma merupakan aplikasi untuk membuat suatu desain berbasis web link . E-Modul pembelajaran Tata Rias Karakter Horor mengacu pada CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) mata kuliah Penatan Rambut dan Rias Fantasi mengenai Tata Rias Karakter Horor 2D (dua dimensi) dan 3D (tiga dimensi). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-Modul Tata Rias Karakter Horor yang layak digunakan untuk media pembelajaran Tata Rias Karakter Horor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R & D) yang menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai penilaian validasi kepada ahli materi dan media serta uji praktikalitas dari mahasiswa, analisis data menggunakan persentase dengan kategori yang telah ditetapkan. Hasil validasi oleh ahli media sebesar 92,8% dengan kategori sangat layak dan untuk validasi oleh ahli materi 95% dengan kategori sangat layak. Hasil praktikalitas kelompok kecil didapatkan dari siswa sebesar 87% dengan kategori sangat praktis, nilai praktikalitas kelompok besar didapatkan dari siswa sebesar 93 % dengan kategori sangat praktis. Dari perolehan hasil tersebut, maka E-Modul pembelajaran telah dinilai sangat layak dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas. **** The development of the Horror Character Makeup E-Module in this study used the Figma application. The Figma application is an application for creating a web link-based design. The e-module for learning Horror Character Makeup refers to the CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) Hairdressing and Fantasy Makeup courses regarding 2D (two-dimensional) and 3D (three-dimensional) Horror Character Make-up. The purpose of this study was to produce an E-Module of Horror Character Makeup that was suitable for use as learning media for Horror Character Makeup. This research is a type of Research and Development (R&D) research that uses the 4D development model, namely Define, Design, Develop, Disseminate. The data collection instrument used in this study was a questionnaire as a validation assessment to material and media experts as well as practicality tests from students, data analysis using percentages with predetermined categories. The validation results by media experts were 92,8% with a very valid category and for validation by material experts 95% with a very valid category. The results of the small group practicality were obtained from students by 87% in the very feasible category, the practicality value of the large group was obtained from students by 93% in the very feasible category. From the acquisition of these results, the learning E-Module is valid and practical to use as teaching material in class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Titin Supiani, S. Pd., M. Pd ; 2). Nurul Hidayah, S. Pd., M. Pd
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 16705 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:41
Last Modified: 23 Feb 2023 01:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37045

Actions (login required)

View Item View Item