PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGLIT UNTUK KETERAMPILAN MENULIS ESAI BAHASA INGGRIS BERBASIS KASUS

ISTIQLALIAH NURUL HIDAYATI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGLIT UNTUK KETERAMPILAN MENULIS ESAI BAHASA INGGRIS BERBASIS KASUS. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
2. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (616kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Menulis esai dalam Bahasa Inggris merupakan keterampilan yang dibutuhkan terutama oleh lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Tetapi, tidak sedikit mahasiswa yang masih memiliki kesulitan dalam mengembangkan kemampuan menulisnya. Oleh karenanya, dikembangkanlah sebuah media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa menulis. Keistimewaan dari media pembelajaran adalah kemudahan untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Selain media pembelajaran yang efektif, sebuah model pembelajaran yang tepat juga diperlukan agar pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik dan menghasilkan output yang sesuai dengan target yang harus dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa dalam membuat sebuah tulisan esai serta merangkaikannya dengan sebuah model pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2020 – Desember 2021. Media yang dirangkaikan dengan model pembelajaran inovatif ini diujicoba pada mahasiswa semester empat di sebuah program studi di salah satu universitas di kota Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ASSURE. Media yang dikembangkan adalah Diglit yang namanya diambil dari akronim digital literacy. Dinamai demikian karena tahapan yang terdapat pada media tersebut sesuai dengan definisi literasi digital yang meliputi: mengakses, memahami, mengelola, berkomunikasi, mengevaluasi, membuat, membaca kembali sedangkan model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran berbasis kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Diglit yang digunakan dengan model pembelajaran berbasis kasus terbukti layak dan efektif secara dalam meningkatkan kualitas tulisan esai Bahasa Inggris mahasiswa. Even though essay writing is a required skill, especially for graduates of the English Education Study Program, not a few students still have difficulties in developing their writing skills. Therefore, learning media that can help students write is developed. To optimize the result, the learning media is integrated with a learning model. The specialty of media is the ease of communication and interaction. The purpose of this research is to develop learning media that can help students in writing essays. This research was conducted from December 2020 – December 2021. The media was tested on the fourth-semester students in a study program at a university in Bogor, West Java, Indonesia. This is a research and development using ASSURE model. The media developed is Diglit whose name is taken from the acronym of digital literacy. It is named so because the stages contained are in accordance with the definition of digital literacy which includes: accessing, understanding, managing, communicating, evaluating, creating, and proofreading. The results shows that Diglit is proven to be feasible and effective in improving the quality of the students’ English essay writing.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. 2). Dr. Ratna Dewanti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 16901 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2023 22:21
Last Modified: 22 Feb 2023 22:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37072

Actions (login required)

View Item View Item