PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DALAM BIDANG KECANTIKAN (STUDI KASUS DI SMKN 27 JAKARTA)

AMALIA PUTRI ARIYANI, . (2023) PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DALAM BIDANG KECANTIKAN (STUDI KASUS DI SMKN 27 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berwirausaha dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa dalam bidang kecantikan di SMKN 27 Jakarta, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengambilan sampel dilakukan pada populasi siswa TKKR yang mendapatkan mata pelajaran kewirausahaan yaitu siswa kelas XI dan XII TKKR. Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi berganda disesuaikan dengan syarat yaitu uji asumsi klasik dapat diterima, (Mardiatmoko, 2020: 334) menambahkan bahwa uji asumsi klasik yaitu analisis yang dilakukan untuk menilai apakah di dalam sebuah model regresi linear berganda terdapat masalah-masalah asumsi klasik. Hasil perhitungan pada uji hipotesis yaitu H1 memiliki nilai t hitung > t tabel (2,943 > 1,996) dan nilai signifikansi 0,04 < 0,05 maka H1 diterima. H2 diperoleh nilai t hitung > t tabel (2.172 > 1,996) dan nilai signifikansi 0,033 < 0,05 maka H2 diterima. Selanjutnya, H3 diperoleh nilai f hitung > f tabel (51,68 > 3.98) dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka keputusannya H3 diterima. Itu menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha, lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Dengan persamaan regresi yaitu Y= 5,684+0,227X1+0,172X2 artinya semakin meningkat motivasi berwirausaha dan lingkungan sekolah maka semakin meningkatnya minat berwirausaha. Nilai koefisien korelasi yaitu 0,779 menunjukkan hubungan atau korelasi yang kuat dan hubungan yang positif antara motivasi berwirausaha dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,607. Secara simultan variabel motivasi berwirausaha dan lingkungan sekolah mempengaruhi minat berwirausaha siswa sebesar 60,7% dan 39,7% minat berwirausaha siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak teramati. **** This study aims to determine the effect of entrepreneurial motivation and school environment on students' interest in entrepreneurship in the field of beauty at SMKN 27 Jakarta, using a quantitative research method with a correlational approach. Sampling was carried out on the TKKR student population who received entrepreneurship subjects, namely students in class XI and XII TKKR. Sampling using simple random sampling, sampling was carried out using a questionnaire instrument. The data obtained were analyzed using multiple regression analysis adjusted to the conditions, namely the classical assumption test is acceptable, (Mardiatmoko, 2020: 334) adding that the classic assumption test is an analysis carried out to assess whether in a multiple linear regression model there are problems with classical assumptions . The result of the calculation on the hypothesis test is that H1 has a t count > t table (2.943 > 1.996) and a significance value of 0.04 <0.05, so H1 is accepted. H2 obtained t count > t table (2,172 > 1.996) and a significance value of 0.033 <0.05 then H2 is accepted. Furthermore, H3 obtained the value of f count > f table (51.68 > 3.98) and a significance value of 0.00 <0.05, so the decision H3 is accepted. It shows that the motivation for entrepreneurship, the school environment has a positive and significant effect on the interest in entrepreneurship. With the regression equation, namely Y = 5.684 + 0.227X1 + 0.172X2, it means that the increasing motivation for entrepreneurship and the school environment means that the interest in entrepreneurship is increasing. The correlation coefficient value is 0.779 indicating a strong relationship or correlation and a positive relationship between entrepreneurial motivation and the school environment on interest in entrepreneurship. The coefficient of determination is 0.607. Simultaneously the variables of entrepreneurial motivation and school environment affect students' interest in entrepreneurship by 60.7% and 39.7% of students' interest in entrepreneurship is influenced by other variables that are not observed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sri Irtawidjajanti, S.Pd., M.Pd. ; 2). Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 16941 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2023 05:47
Last Modified: 23 Feb 2023 05:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37083

Actions (login required)

View Item View Item