SITI FATIMAH, . (2023) PENGEMBANGAN DADU ULAR TANGGA UNTUK MENGENALKAN LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 4 -6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (844kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (327kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (256kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yaitu media dadu ular tangga untuk mengenalkan lambang bilangan pada anak usia dini terutama untuk usia 4 – 6 tahun. Model pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang merupakan Anlysis, Design, Development, Implementation, Evaluate. Instrumen yang digunakan adalah instrumen ceklis untuk ahli materi, ahli media, dan pengguna dengan menggunakan teknik Expert Review dan Small Group Evaluation anak yang berjumlah 6 anak usia 4 – 6 tahun. Media dadu ular tangga di nilai oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi, pengembangan media dadu ular tangga materi diperoleh presentase sebesar 95,5%, menunjukkan bahwa media “Dadu Ular Tangga” menurut ahli materi tergolong ke dalam kriteria sangat layak, hasil dari ahli media menghasilkan nilai akhir 87,5%, hal ini menunjukkan bahwa media “Dadu Ular Tangga” menurut ahli media tergolong ke dalam kriteria sangat layak. Sedangkan pada uji coba Small Group di lakukan kepada 2 anak usia 4 tahun mendapatkan hasil 93,75%, untuk anak usia 5 tahun mendapatkan hasil 100% dan untuk anak usia 6 tahun mendapatkan hasil 100%. Berdasarkan keseluruhan hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba Small Group (Kelompok Kecil), menunjukkan bahwa media dadu ular tangga sangat layak dan sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran edukatif untuk mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4 – 6 tahun. **** This study aims to produce a learning media, namely snakes and ladders dice media to introduce number symbols in early childhood, especially for ages 4-6 years. The approach used is development research and the research model used is the ADDIE development model which is Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate. The instrument used is a checklist instrument for material experts, media experts, and users using the Expert Review and Small Group Evaluation technique for children, totaling 6 children aged 4-6 years. The snake ladder dice media is assessed by material expert lecturers and media expert lecturers. Based on the results of the assessment of material experts, the development of material snakes and ladders dice media obtained a percentage of 95,5%, indicating that the media "Snakes and Ladders Dice" according to material experts belongs to very feasible criteria, the results of media experts produce a final score of 87.5%, p. This shows that the media “Dice Snakes and Ladders” according to media experts is classified as very feasible. Whereas in the Small Group trial it was carried out on two of children aged 4 years getting 93.75% results, for children aged 5 years getting 100% results and for children aged 6 years getting 100% results. Based on the overall results of the assessment by material experts, media experts, and Small Group trials, it shows that snakes and ladders dice media is very feasible and very good for use as an educative learning medium to develop the ability to recognize number symbols in children aged 4-6 years
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hikmah, M.Pd, M.M ; 2). Dra. Winda Gunarti, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 17057 not found. |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 02:45 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 02:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37119 |
Actions (login required)
View Item |