MODEL BELAJAR GERAK DASAR UNTUK ANAK TUNA RUNGU USIA 7-9 TAHUN

Anak Agung Ngurah Budiadnyana, . (2023) MODEL BELAJAR GERAK DASAR UNTUK ANAK TUNA RUNGU USIA 7-9 TAHUN. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (623kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan gerak dasar merupakan hal penting di masa usia sekolah dasar. anakanak yang aktif secara fisik telah mengurangi risiko peningkatan berat badan yang berlebihan, Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan menguji efektivitas model latihan Gerak Dasar untuk aanak tuna rungu usia 7-9 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan research and development (R&D) dari Borg and Gall. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah pre test-post test control group design. Subyek penelitian ini adalah Siswa yang berusia 7-9 tahun diantaranya 15 siswa tuna rungu di SLBN 1 Badung pada uji coba kelompok kecil., 50 Siswa SLBN 1 denpasar SLBN 2 Denpasar dan SLBN 3 denpasar pada uji coba kelompok besar. Pada uji efektivitas 15 Siswa SLBN 1 Singaraja sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa SLBN 1 Singaraja sebagai kelompok kontrol. Adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) analisis kebutuhan, 2) validasi ahli, 3) uji coba kelompok kecil, 4) uji coba kelompok besar, dan 5) Uji efektivitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian, yaitu: 1) wawancara dan angket untuk pengembangan model, 2) Instrumen gerak dasar Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode statistik paired sample t-test dan Hasilnya menunjukan bahwa pengaruh model belajar ini signifikan dalam meningkatkan belajar gerak dasar siswa usia 7-9 tahun, yang kedua membandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil uji statistik menunjukan bahwa model belajar gerak dasar yang dikembangkan pada kelompok eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan model belajar konvesional. analisis dilakukan dengan uji- independent t untuk mengetahui perbedaan hasil pada kelompok control dan eksperimen diperoleh perbedaan t-hitung = 8,988, dengan df = 30 dan nilai sig atau pvalue = 0,000 yang lebih kecil dari nilai alpa 0,05. Berdasarkan hasil ini, dapat diputuskan untuk menolak H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kualitas belajar antara antara kelompok control dan kelompok eksperimen.Temuan penelitian ini adalah model latihan dan instrumen tes yang sudah dikembangkan. Model belajar ini dikemas dalam bentuk buku cetak, aplikasi android augmented reality yang isinya berupa ebook dan aplikasi android yang isinya karakter 3 dimensi pelaksanaan variasi belajar gerak dasar. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Model Latihan, Gerak dasar DEVELOPMENT OF BASIC MOTION MODELS FOR DEAF CHILDREN AGED 7-9 YEARS The development of basic movements and their refinement is important in the elementary school age., higher self-esteem and better emotional self-efficacy . The purpose of this study was to generate and test the effectiveness of the basic movement exercise model for deaf children aged 7-9 years. The method used in this research is the research and development research and development (R&D) method from Borg and Gall. Meanwhile, the research design used was pre-test-post-test control group design. The subjects of this study were athletes aged 7-9 years including 15 deaf students at SLBN 1 Badung in small group trials, 50 students from SLBN 1 Denpasar SLBN 2 Denpasar and SLBN 3 Denpasar in large group trials. In the effectiveness test 15 students of SLBN 1 Singaraja as the experimental group and 15 students of SLBN 1 Singaraja as the control group. The stages in this research and development are: 1) needs analysis, 2) expert validation, 3) small group trial, 4) large group trial, and 5) effectiveness test. The instruments used in the study were: 1) interviews and questionnaires for model development, 2) walking 10 meters for locomotors, airplanes for non locomotors, throwing and catching balls for. Data analysis in this study used the statistical method paired sample t-test and. The first was to compare the pre-test and post-test results of the experimental group itself. The results show that the effect of this learning model is significant in increasing the basic movement learning of students aged 7-9 years, the second is to compare it with the control group. The statistical test results showed that the basic movement learning model developed in the experimental group was more effective than the control group using conventional learning models. The analysis was carried out using the independent t-test to find out the difference in the results in the control and experimental groups. The difference was obtained by t-count = 8.988, with df = 30 and a sig value or p-value = 0.000 which is smaller than an alpha value of 0.05. Based on these results, it can be decided to reject H0. Thus it can be concluded that there are differences in the quality of learning between the control group and the experimental group.The findings of this study are practice models and test instruments that have been developed. This exercise model is packaged in the form of a printed book, an augmented reality android application whose contents are in the form of an ebook and an android application that contains 3- dimensional characters implementing variations of basic motion learning. Keywords: Development Research, Exercise Model, Basic movement

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Dr. Hidayat Humaid , M.Pd 2). Dr. Abdul Sukur , S.Pd., M. Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 17214 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2023 06:11
Last Modified: 24 Feb 2023 06:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37245

Actions (login required)

View Item View Item