FAKTOR PEMILIHAN MODA YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TRANSPORTASI UMUM (Studi Kasus: Transportasi Umum Trayek Blok M-Pondok Labu).

AULIYA RAMADHANI GUSWARA, . (2023) FAKTOR PEMILIHAN MODA YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TRANSPORTASI UMUM (Studi Kasus: Transportasi Umum Trayek Blok M-Pondok Labu). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berguna untuk mengidentifikasi faktor pemilihan moda transportasi, yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan menggunakan transportasi umum, di trayek Blok M-Pondok Labu. Hal ini dikarenakan kawasan Pondok Labu yang merupakan perbatasan Jakarta-Depok, dan kawasan Blok M sebagai salah satu pusat kegiatan ekonomi dan transportasi di Jakarta. Sehingga, kedua wilayah ini menjadi penghubung bagi mobilitas penglaju. Penelitian ini menggunakan dua transportasi umum yang ada di trayek Blok M-Pondok Labu sebagai objek penelitian, yakni TransJakarta 1E, dan Angkot Jaklingko JAK31. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan subjek penelitian masyarakat pengguna transportasi Blok M-Pondok Labu. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, dengan melakukan penyebaran kuesioner pada bulan November-Desember 2022. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi, dan uji korelasi rank spearman test. Uji korelasi menggunakan perhitungan nilai signifikansi alpha (α) 0,005 dan nilai kritis tabel 0,195. Faktor pemilihan moda dinyatakan memiliki korelasi yang signifikan, jika nilai signifikansi alpha < 0,005, dan nilai koefisien korelasi >0,195. Penelitian ini meneliti 4 faktor pemilihan moda, yakni faktor pengguna transportasi, faktor perjalanan, faktor fasilitas moda, dan faktor kota/zona. Hasil yang didapat antara lain: 1) Pada faktor pengguna transportasi, terdapat korelasi yang signifikan dengan pengambilan keputusan, dengan nilai α 0,000 dan nilai korelasi 0,444. 2) Pada faktor perjalanan, terdapat korelasi yang signifikan dengan pengambilan keputusan, dengan nilai α 0,000 dan nilai korelasi 0,549. 3) Pada faktor fasilitas moda transportasi, terdapat korelasi yang signifikan dengan pengambilan keputusan, dengan nilai α 0,000 dan nilai korelasi 0,368. 4) Pada faktor kota/zona, tidak terdapat korelasi yang signifikan dengan pengambilan keputusan, dengan nilai α 0,094, dan nilai korelasi 0,168. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa faktor pengguna moda transportasi, perjalanan, dan fasilitas moda transportasi, memiliki pengaruh yang signifikan dalam pengambilan keputusan penggunaan transportasi umum Blok M-Pondok Labu. This study aims to identify the factors that influence the choice of transportation mode, which can influence the decision making of using public transportation, on the Blok M-Pondok Labu route. Because, Pondok Labu area is the border of Jakarta-Depok, and Blok M area is one of the centres of economic activity and transportation in Jakarta. Thus, these two areas become a link for commuter mobility. This study used two public transportations on the Blok MPondok Labu route as research objects, specifically TransJakarta 1E, and Angkot Jaklingko JAK31. This study uses a descriptive quantitative method, with the research subject being the people using the Blok M-Pondok Labu transportation. The sampling technique used random sampling, by distributing questionnaires in November-December 2022. This study examines 4 factors of transportation selection, specifically transportation factors, travel factors, transportation facilities factors, and city/zone user factors. The results obtained include: 1) In terms of transportation users, there is a significant correlation with decision making, with a score of 0.000 and a correlation score of 0.444. 2) On the travel factor, there is a significant correlation with the decision making, with a score of α 0.000 and a correlation score of 0.549. 3) In the transportation mode facility factor, there is a significant correlation with decision making, with a score of 0.000 and a correlation score of 0.368. 4) In the city/zone factor, there is no significant correlation with decision making, with a score of 0.094 and a correlation score of 0.168. So it can be concluded that the transportation selection factors that have a significant influence in making decisions on the use of Blok M-Pondok Labu public transportation, are the factors of transportation users, travel, and transportation mode facilities. Keyword: Transportation Selection Factors, Public Transportation, Decision Making

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ode Sofyan Hardi, M.Pd., M.Si. 2). Dr. Aris Munandar, M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Ilmu Sosial > Transportasi dan Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 17077 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:59
Last Modified: 02 Mar 2023 02:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37260

Actions (login required)

View Item View Item