PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL BERBASIS ETNOPEDAGOGIK DAN TEKNOPEDAGOGIK UNTUK MEMBANGUN CITRA DIRI ANAK USIA DINI (Penelitian dan Pengembangan pada Media Pendidikan Tema Budaya Lokal Sunda untuk Anak Usia 5-6 Tahun di Jawa Barat)

GILAR GANDANA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL BERBASIS ETNOPEDAGOGIK DAN TEKNOPEDAGOGIK UNTUK MEMBANGUN CITRA DIRI ANAK USIA DINI (Penelitian dan Pengembangan pada Media Pendidikan Tema Budaya Lokal Sunda untuk Anak Usia 5-6 Tahun di Jawa Barat). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media digital berbasis etnopedagogik dan teknopedagogik merupakan upaya penciptaan solusi atas persoalan penanaman perilaku citra diri Budaya Sunda pada jenjang pendidikan anak usia dini di Provinsi Jawa Barat. Upaya inovasi digitalisasi fasilitas pendidikan anak usia dini dalam konsep media digital etnopedagogik dan teknopedagogik Budaya Sunda taman kanak-kanak adalah untuk menyelaraskan kepentingan pendidikan anak usia dini di era revolusi industry 4.0. Melalui proses penelitian dan pengembangan yang dilakukan, hasil penelitian ini tercipta aplikasi android berjudul Budaya Sunda Taman Kanak- kanak (Bunda TK) yang layak diterapkan sebagai media pendidikan untuk anak usia dini dan efektif digunakan untuk membangun citra diri anak usia dini di Provinsi Jawa Barat. Efektifitas dan kelayakan media digital berbasis etnopedagogik dan teknopedagogik Aplikasi Budaya Sunda Taman Kanak-kanak (Bunda TK) dibuktikan dari hasil eksperimen media pada anak usia 5-6 tahun di 4 Taman Kanak-kanak Laboratorium Percontohan Universitas Pendidikan Indonesia (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Purwakarta, dan Kota Tasikmalaya) Provinsi Jawa Barat yang menunjukan bahwa peningkatan perilaku citra diri pada anak usia 5-6 tahun di Kota Bandung meningkat hingga 85,8% dengan skor gain 0,69 kategori sedang, Kabupaten Bandung meningkat hingga 89,6% dengan skor gain 0,80 kategori tinggi, Kabupaten Purwakarta meningkat hingga 88,6% dengan skor gain 0,79 kategori tinggi, dan Kota Tasikmalaya meningkat hingga 81% dengan skor gain 0,67 kategori sedang. ***** The development of ethnopedagogic and technopedagogic-based digital media is an effort to create a solution to the problem of inculcating Sundanese Culture self-image behavior at the level of early childhood education in West Java Province. The innovation effort to digitalization early childhood education facilities in the concept of ethnopedagogic and technopedagogic digital media for Kindergarten Sundanese Culture is to harmonize the interests of early childhood education in the era of the industrial revolution 4.0. Through the research and development process carried out, the results of this study created an android application entitled Kindergarten Sundanese Culture (Bunda TK) which is feasible to be applied as an educational media for early childhood and is effectively used to build self-image of early childhood in West Java Province. The effectiveness and feasibility of ethnopedagogic and technopedagogic-based digital media Applications for Kindergarten Sundanese Culture (Bunda TK) is proven from the results of media experiments on children aged 5-6 years in 4 Laboratory Kindergartens of Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung City, Bandung Regency, Purwakarta Regency, and Tasikmalaya City) West Java Province which shows that the increase in self-image behavior in children aged 5-6 years in Bandung City increases to 85.8% with a gain score of 0.69 in the medium category, Bandung Regency increases to 89.6% with a gain score of 0.80 in the high category, Purwakarta Regency increased to 88.6% with a gain score of 0.79 in the high category, and Tasikmalaya City increased to 81% with a gain score of 0.67 in the medium category.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd.; 2). Dr. Hapidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 17247 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2023 06:44
Last Modified: 27 Feb 2023 06:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37271

Actions (login required)

View Item View Item