PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

USWATUN HASANAH, . (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text
LAMPIRAN...pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan keterampilan abad 21 yang dapat diintegrasikan ke dalam setiap pembelajaran. Namun keterampilan ini sulit diinternalisasikan pada muatan materi yang abstrak, salah satunya pada materi IPA kelas V Sekolah Dasar. Multimedia interaktif dapat dijadikan solusi untuk menstimulus keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Konsep interaktivitas dan aktivitas belajar yang dirancang pada multimedia dapat menciptakan pembelajaran lebih efektif dan memungkinkan siswa untuk mengasimilasi informasi yang disampaikan bukan menghafalnya. Multimedia interaktif berbasis scientific inquiry merupakan inovasi media pembelajaran dalam dunia pendidikan untuk memperjelas suatu konsep sehingga dapat menstimulus keterampilan berpikir dan bernalar siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis scientific inquiry dan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2022. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan yang dipilih secara simple random sampling. Penelitian ini merupakan research and development dengan menggunakan model Dick and Carey dan model Diana Lee and Owens. Hasil penelitian dari validasi ahli baik aspek materi, media, Bahasa, dan pembelajaran menunjukkan bahwa multimedia interaktif IPA berbasis scientific inquiry ini valid digunakan. Pada tahap evaluasi perorangan dan evaluasi kelompok kecil menunjukkan respon siswa terhadap multimedia interaktif ini sebesar 96,325% dan 96,925% termasuk dalam kategori sangat baik. Adapun hasil uji efektifitas dengan melibatkan 127 siswa menggunakan desain pretest-postest menunjukkan bahwa multimedia interaktif IPA berbasis scientific inquiry efektif dan praktis terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Kelas V Sekolah Dasar. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Uji N-Gain Score dan Independent Sample t-Test. Dengan demikian adanya multimedia interaktif IPA dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menstimulus siswa dalam bernalar dan berpikir kritis serta memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, scientific inquiry, berpikir kritis Critical thinking skills are one of the demands of 21st-century skills that can be integrated into every lesson. However, this skill is challenging to internalize in abstract material content, one of which is in science material for class V Elementary School. Interactive multimedia can be used to stimulate students' critical thinking skills in science learning. The concept of interactivity and learning activities designed in multimedia can make learning more effective and allow students to assimilate the information conveyed instead of memorizing it. Interactive multimedia based on scientific inquiry is an innovative learning media in the world of education to clarify a concept so that it can stimulate the thinking and reasoning skills of elementary school students. This research aims to produce a product in the form of scientific inquiry-based interactive multimedia and critical thinking skills in science learning class V Elementary School. This research was conducted in 2022. The population for this study was fifth-grade students of an elementary school in Setiabudi District, South Jakarta, who were selected by simple random sampling. This research is research and development using the Dick and Carey and Diana Lee and Owens models. The results of the research from expert validation in the aspects of material, media, language and learning show that interactive multimedia science based on scientific inquiry is valid to use. At the individual evaluation stage and small group evaluation, the student response to this interactive multimedia was 96.325%, and 96.925% was included in the very good category. The results of the effectiveness test involving 127 students using the pretest-posttest design showed that interactive multimedia science based on scientific inquiry was effective and practical for the critical thinking skills of Class V elementary school students. The data analysis technique applied in this study is the N-Gain Score Test and the Independent Sample t-Test. Thus the existence of interactive multimedia science can be used as a learning medium to stimulate students to reason and think critically and has the potential to improve the quality of learning. Keywords: Interactive Multimedia, scientific inquiry, critical thinking

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Made Astra, M.Si 2). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 17258 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:49
Last Modified: 27 Feb 2023 04:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37277

Actions (login required)

View Item View Item