PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MASASE OLAHRAGA BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA OLAHRAGA

YUDI PRATAMA, . (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MASASE OLAHRAGA BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA OLAHRAGA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini mengembangkan model pembelajaran mata kuliah masase berbasis blended learning yang secara khusus antara lain; 1) mengembangkan model pembelaja-ran masase berbasis blended learning untuk mahasiswa olahraga, 2) meningkatkan ke-mampuan teori dan praktek masase mahasiswa, 3) memudahkan pembelajaran bagi dosen, mahasiswa dan pemanfaat TIK. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan dari Borg and Gall dengan sepuluh langkah. Partisipan yang terlibat da-lam penelitian ini dalam uji kelompok kecil 12 mahasiswa, uji kelompok besar 100 maha-siswa dan uji efektifitas 60 mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan masase serta untuk mengukur model pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Dari hasil ujicoba ke-lompok kecil yaitu 80,45% sedangkan kelompok besar 80,86%. Berdasarkan ujicoba ke-lompok kecil dan besar temuan penelitian menunjukkan bahwa model yang dikem-bangkan layak dan mudah untuk dipraktekkan selama ujicoba. Hasil efektifitas model pembelajaran yang dikembangkan memperoleh nilai t0 = 3,727 > ttabel = 1,671 sehingga model dinyatakan lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman ma-hasiswa tentang masase olahraga berbasis blended learning. Sehingga kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa model pembelajaran masase berbasis blended learn-ing mudah, efektif, dan efisien dalam meningkatkan pengetahuan dan ketermpilan masase olahraga. ABSTRACT The purpose of this study is to develop a blended learning-based massage learning model which specifically includes; 1) developing a learning model for massage courses based on blended learning for sports students, 2) improving the theoretical and practical skills of student massage, 3) facilitating learning for lecturers, students and ICT users. The re-search method used is the development model of Borg and Gall with ten steps. The par-ticipants involved in this study in the small group test were 12 students, the large group test was 100 students and the effectiveness test was 60 students. The instrument used to measure massage knowledge and skills as well as to measure the learning model devel-oped. The results of this study are as follows: From the results of the small group trial, it was 80.45% while the large group was 80.86%. Based on small and large group trials, the research findings indicate that the developed model is feasible and easy to practice during the trial. The results of the effectiveness of the learning model developed obtained a value of t0 = 3.727 > ttable = 1.671 so that the model was declared more effective to im-prove students' skills and understanding of blended learning-based sports massage. So that the conclusion obtained from this study is that the massage learning model based on blended learning is easy, effective, and efficient in increasing the knowledge and skills of sports massage.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd 2. Dr. Taufik Rihatno
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 17149 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2023 22:45
Last Modified: 26 Feb 2023 22:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37278

Actions (login required)

View Item View Item