PENGARUH SIBLING RIVALRY TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH

NIDA HANIFAH, . (2023) PENGARUH SIBLING RIVALRY TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sibling rivalry terhadap kecerdasan emosional anak usia sekolah. Penelitian ini melibatkan siswa kelas 3-6 di SDN 27 Pagi Utan Kayu Selatan, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara secara langsung pada siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dimulai pada bulam September sampai bulan Desember 2022. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability dengan teknik purposive sampling. Teknik pengolahan data menggunakan uji regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada sibling rivalry terhadap kecerdasan emosional. Selain itu sebagian besar responden memiliki tingkat sibling rivalry yang rendah dan memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan terdapat hubungan yang negatif dan lemah antara sibling rivalry dengan kecerdasan emosional. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin rendah sibling rivalry maka semakin tinggi kecerdasan emosional pada anak. ***** This study aims to determine the effect of sibling rivalry on the emotional intelligence of school-age children. This research occurs at Public Elementary School 27 Pagi Utan Kayu Selatan, East Jakarta. This research uses associative quantitative method. This research uses the associative quantitative method. This research uses questionnaires and direct interviews with students to collect the data. Data collection in this study begins in September - December 2022. Determination of the sample in this study using non-probability with a purposive sampling technique. Data processing techniques using a simple linear regression test to test the research hypothesis. The results of this study indicate that there is no significant effect on sibling rivalry on emotional intelligence. In addition, most of the respondents have a low level of sibling rivalry and have a high level of emotional intelligence. The results of this study also show that there is a negative and weak relationship between sibling rivalry and emotional intelligence. These results indicate that the lower the sibling rivalry, the higher the emotional intelligence in children

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Maya Oktaviani, M.Pd. ; 2). Mulyati, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 17045 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2023 06:59
Last Modified: 27 Feb 2023 06:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37359

Actions (login required)

View Item View Item