PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN PROSES MENGGUNAKAN FLIPBOOK (Penelitian Pengembangan Bahan Ajar di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Jakarta)

MAGUNA ELIASTUTI, . (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN PROSES MENGGUNAKAN FLIPBOOK (Penelitian Pengembangan Bahan Ajar di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (879kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Karya tulis ilmiah merupakan salah satu keterampilan menulis yang harus dikembangkan dan dikuasai oleh mahasiswa. Namun, kenyataan masih ditemukan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Kesulitan yang dihadapi mahasiswa tersebut sangat beragam, di antaranya adalah sulit memahami materi yang disajikan oleh dosen, buku-buku yang digunakan tidak relevan, pembejaran disajikan dengan cara yang tidak menarik dan membosankan. Sementara itu, dosen harus bisa menghadirkan sebuah pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, salah satunya adalah penggunaan bahan ajar yang relevan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis karya ilmiah yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dosen dan membangkitkan minat belajar mahasiswa yang berupa bahan ajar menulis karya ilmiah dengan pendekatan proses menggunakan Flipbook. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut metode penelitian dan pengembangan digunakan dalam penelitian ini dengan mengadaptasi model 4-D yang dicetuskan oleh Thiangharajan, Semmel, dan Semmel (1974) yang terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan dessiminate. Data penelitian ini diperoleh melalui angket skala likert untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa dan dosen terhadap bahan ajar menulis karya ilmiah, persepsi dosen dan mahasiswa dan tingkat kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Hasil uji pakar, persepsi dosen, dan persepsi mahasiswa menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan mahasiswa dan dosen terbukti berada pada kategori “Bagus” sehingga layak untuk digunakan. Kemudian, hasil pengujian efektifitas menggunakan paired sample t-test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menulis pada data Pretest dan data Posttest. Dengan demikian, penggunaan treatment, berupa penggunaan pendekatan proses menggunakan flipbook, untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah bahasa Indonesia mahasiswa sangat efektif. Kata Kunci: Bahan Ajar, Flipbook, Menulis Karya Ilmiah, Pendekatan Proses Scientific writing is one of the writing skills that must be developed and mastered by students. However, in reality there are still obstacles faced by students in writing scientific papers. The difficulties faced by these students are very diverse, including difficulty understanding the material presented by the lecturer, the books used are irrelevant, learning is presented in an uninteresting and boring manner. Meanwhile, lecturers must be able to present an interesting and fun lesson, one of which is the use of relevant teaching materials. Therefore this study aims to develop teaching materials for writing scientific papers that suit the needs of students and lecturers and to arouse student learning interest in the form of teaching materials for writing scientific papers using a process approach using flipbooks. To achieve the research objectives, research and development methods were used in this study by adapting the 4-D model initiated by Thiangharajan, Semmel, and Semmel (1974) which consisted of four stages of development, namely define, design, develop, and disseminate. The research data was obtained through a Likert scale questionnaire to determine the needs of students and lecturers for teaching materials for writing scientific papers, the perceptions of lecturers and students and the level of feasibility of the developed teaching materials. The results of expert tests, lecturer perceptions, and student perceptions show that teaching materials developed based on the needs of students and lecturers are proven to be in the "Good" category so that they are feasible to use. Then, the results of the effectiveness test using the paired sample t-test obtained the value of Sig. (2-tailed) of 0.000 <0.05, it can be concluded that there is a significant difference between the results of learning to write in the Pretest data and Posttest data. Thus, the use of treatment, in the form of using a process approach using flipbooks, to improve students' ability to write scientific works in Indonesian is very effective. Keywords: Flipbook, Process Approach, Scientific Writing, Teaching Materials

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd.; 2). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 17133 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2023 05:10
Last Modified: 28 Feb 2023 05:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37392

Actions (login required)

View Item View Item