SYARIFAH NURUL ALIFAH, . (2023) PENGETAHUAN GENERASI Z MENGENAI SUSTAINABILITY PADA LIMBAH TEKSTIL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (411kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (337kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan generasi Z mengenai sustainable fashion pada fase akhir masa pakai. Tingkat pengetahuan diukur dengan Taksonomi Bloom Revisi ranah kognitif C1-C4 yaitu: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3) dan menganalisis (C4). Dengan aspek yaitu: akhir masa pakai secara sustainable, penggunaan kembali (reuse), daur ulang (recycle) dan sistem pengambilan kembali (take-back system). Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 166 responden, yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana dan Sarjana Terapan Desain Mode UNJ angkatan 2019-2021. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berbentuk soal pilihan ganda. Jenis data pada penelitian ini ada data rasio dan jenis skala pengukuran yang digunakan adalah Skala Guttman. Teknik analisa data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan keseluruhan aspek, generasi Z memiliki pengetahuan tertinggi pada aspek sistem pengambilan kembali (take-back system) tingkat mengaplikasikan (C3), sedangkan terendah pada aspek penggunaan kembali (reuse) tingkat menganalisis (C4). Selanjutnya, berdasarkan keseluruhan indikator tingkat pengetahuan, generasi Z memiliki pengetahuan tertinggi pada tingkat memahami (C2) diaspek akhir masa pakai secara sustainable, sedangkan terendah pada tingkat menganalisis (C4) diaspek penggunaan kembali (reuse). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa generasi Z memiliki “pengetahuan tinggi” untuk sustainable fashion pada fase akhir masa pakai. **** The purpose of this study is to know the level of knowledge of generation Z about sustainable fashion in the end-of-life phase. The level of knowledge is measured by Revised Bloom's Taxonomy in the C1-C4 cognitive domains, namely: remembering (C1), understanding (C2), applying (C3) and analyzing (C4). With aspects namely: end-of-life in a sustainable manner, reuse, recycling and take-back system. The research method used is a survey method with a quantitative approach. The sample of this research were 166 respondents, who were students of the Fashion Design Education Study Program and Bachelor of Applied Fashion Design at UNJ class of 2019-2021. Data collection used a questionnaire in the form of multiple choice test. The type of data in this study is ratio data and the type of measurement scale used is the Guttman Scale. The data analysis techniques used descriptive statistics.The results showed that, based on the overall aspects, Generation Z has the highest knowledge on take-back system aspect at the applying level (C3), while the lowest at reuse aspect at the analyzing level (C4). Furthermore, based on the overall knowledge level indicators, Generation Z has the highest knowledge at the level of understanding (C2) in the aspect of end-of-life with sustainable manner, while the lowest at the level of analyzing (C4) in the aspect of reuse. This research can be concluded that generation Z has "high knowledge" for sustainable fashion in the end-of-life phase.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Esty Nurbaity Arrsy S.Pd., M.KM. ; 2). Dra. Suryawati M.Si. |
Subjects: | Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Users 17001 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 07:11 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 07:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37401 |
Actions (login required)
View Item |