MUHAMMAD RIFQI HAFIZH, . (2023) STRATEGI PENGELOLAAN DESTINASI WISATA TEBING KOJA, DESA CIKUYA, KEC. SOLEAR, BANTEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
cover.pdf Download (669kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) | Request a copy |
Abstract
Muhammad Rifqi Hafizh. 1402617068. Strategi Pengelolaan Destinasi Wisata Tebing Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang, Banten. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan Destinasi Wisata Tebing Koja Kabupaten Tangerang. Destinasi Wisata Tebing Koja adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Tangerang. Tebing Koja memiliki Potensi sumberdaya alam dan keindahan panorama yang dapat dimanfaatkan menjadi atraksi wisata. Tempat penelitian ini berada di Destinasi Wisata Tebing Koja, Kampung Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten, Tangerang Banten. Waktu penelitian ini dimulai November hingga Desember 2022. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan informan kunci 3 orang dan informan pendukung sebanyak 3 orang. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk mendapatkan Strategi Pengelolaan Destinasi Wisata. Data yang dikumpulkan terdiri dari aksesibilitas, amenitas, atraksi, sumber daya manusia, dan masyarakat lokal. Hasil penelitian ini menunjukan strategi yang dapat diterapkan adalah bekerjasama dengan pihak desa dan instansi pemerintah untuk membangun fasilitas wisata, seperti aksesibilitas, amenitas, dan atraksi, merealisasikan pengembangan kegiatan promosi wisata, mengoptimalkan fasilitas wisata, menyiapkan fasilitas Kesehatan, memaksimalkan potensi yang ada baik alam, budaya , dan buatan sebagai atraksi wisata, mengoptimalkan perahu – perahuan dan spot – spot foto yang menjadi pembeda dari Destinasi Wisata yang ada di Kabupaten Tangerang, meningkatkan upaya promosi melakukan branding sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler, bekerjasama dengan komunitas dan mensosialisasikan sapta pesona kepada masyarakat sekitar. Kata Kunci: Strategi, Pengelolaan, Destinasi Wisata This study aims to analythic the management strategy of Koja Cliff Tourist Destinations, Tangerang Regency. Koja cliff tourist destination is one of the tourist attractions in Tangerang Regency which is managed by the surrounding community. Koja Cliff has the potential of natural resources and panoramic beauty that can be used as a tourist attraction. The place of this study is located in the Koja Cliff Tourist Destination, Koja Village, Cikuya Village, Solear District, Regency, Tangerang Banten. The timing of this study starts from November to December 2022. This research uses a qualitative method with 3 key informants and 3 supporting informants. Data collection through in-depth interviews, observations, and literature studies. This study uses SWOT analysis to obtain a Tourist Destination Management Strategy. The data collected consists of Accessibility, amenities, attractions, human resources, and local communities. The results of this study show that the strategy that can be applied is to collaborate with villages and government agencies to build facilities, tourism, such as accessibility, amenities, and attractions, realizing the development of tourism promotion activities, optimizing tourist facilities, preparing health facilities, maximizing the existing potential of both natural, cultural, and artificial as tourist attractions, optimizing boats and photo spots that distinguish from tourist destinations in Tangerang Regency, increasing promotional efforts through branding as one of the most popular tourist destinations, collaborating with the community and socializing Sapta Pesona to the surrounding community. Keywords: Strategy, Management, Tourist Destinations
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Muhammad Zid, M.Si. 2). Dr. Aris Munandar, M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 17008 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 00:11 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 00:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37415 |
Actions (login required)
View Item |