NILA SARI ROSENTA SAGALA, . (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENJAS SISWA/SIWI SMP SANTA MARIA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (Di Masa Pandemi Covid-19). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (975kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) | Request a copy |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable bebas terhadap Variabel terikat. Melihat dari judul tesis tersebut, terdapat dua variable bebas, yaitu daring dan konvensional. Sebagai Variabel terikat adalah basil belajar penjas siswa siswi SMP Santa Maria. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran daring dan metode pembelajaran convensional terbadap basil belajar penjas siswa SMP Santa Maria, Interaksi antara metode latihan daring dan metode pembelajaran convensional terbadap hasil belajar penjas siswa SMP Santa Maria. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolab SMP SANTA MARIA JUANDA , Jakarta Pusat.. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian expost facto merupakan penelitian yang bertujuan menemukan penyebab yang memungkinkan perubaban perilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleb suatu peristiwa, perilaku atau hal hal yang menyebabkan perubaban pada variable bebas yang secara keseluruhan sudah terjadi. Penelitian ex post facto secara metodologis merupakan penelitian eksperimen yang juga menguji bipotesis tetapi tidak memberikan perlakuan-perlakuan tertentu karena sesuatu sebab kurang etis untuk memberikan perlakuan atau memberikan manipulasi. Biasanya karena alasan etika manusiawi, atau gejala/peristiwa tersebut sudah terjadi dan ingin menelusuri faktor-faktor penyebabnya atau bal-hal yang mempengarubinya metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengarub treatment atau perlakuan tertentu. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu basil basil belajar penjas variabel bebas perlakuan metode latiban daring dan konvenional dan variable bebas moderator yaitu hasil belajar penjas siswa SMP Santa Maria. Terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan penjaspada kelompok siswa yang memiliki minattinggi yang diajar dengan metode pembelajaran tatap muka langsung yang diajar dengan metode pembelajaran keseluruhan. Diketabui bahwa Qhitung 7,58 > 4,33 Q 1abe1, sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan basil belajar keterampilan penjasyang signifikan antara siswa yang memiliki minattinggi yang diajar dengan metode pembelajaran tatap muka bngsung daripada yang diajar dengan metode pembelajaran keseluruhan. Diketahui babwa Q hitung 0,85 < 4,33 Qta1,e1 ini berarti Ho diterima dan H1 ditolak yang berarti tidak terdapat perbedaan basil belajar keterampilan penjasyang signifikan pada kelompok siswa yang memiliki minatrendab yang diajar dengan metode pembelajaran tatap muka langsung dan yang diajar dengan metode pembelajaran keseluruhan. Berdasarkan ha! tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada basil belajar keterampilan penjas pada kelompok siswa yang memiliki minatrendah antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran tatap muka langsung dan siswa yang diajar dengan metode pembelajaraan keseluruban, meskipun terdapat perbedaan yang menunjukkan rata- rata basil belajar teterampilan penjasyang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran daringlebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran tatap muka langsung pada siswa yang memiliki minat rendab. Kata kunci: metode, pembelajaran, minat belajar, basil belajar This study aims to determine the effect of independent variables on the dependent variable. Judging from the title of the thesis, there are two independent variables, namely online and conventional. As the dependent variable is the learning outcomes of Physical Education students of Santa Maria Junior High School. To find out the difference in the effect between online learning methods and conventional learning methods on the learning outcomes of Physical Education students at Santa Maria Junior High School, the interaction between online training methods and conventional learning methods on learning outcomes of Physical Education students at SMP Santa Maria. This research was conducted at SMP SANTA MARIA WANDA, Central Jakarta. The research was conducted using an experimental method. Exost facto research is research that aims to find causes that allow changes in behavior, symptoms or phenomena caused by an event, behavior or things that cause changes to the independent variables that have occurred as a whole. Methodological ex post facto research is an experimental study that also tests hypotheses but does not provide certain treatments because it is not ethical to provide treatment or provide manipulation. Usually due to human ethical reasons, or the symptoms / events have already occurred and want to explore the factors causing it or the things that influence it The research method used to find the effect of a particular treatment or treatment This study consisted of dependent variables, namely the results of physical education learning outcomes, independent variables, treatment of conventional and online training methods and moderator free variables, namely physical education learning outcomes of Santa Maria junior high school students. There are differences in learning outcomes of Physical Education skills for groups of students who have high interest who are taught using face-to-face learning methods which are taught using the overall learning method. It is known that Qcount 7.58> 4.33 Qtable, so that HO is rejected, which means that there is a significant difference in learning outcomes between students who have high interest taught by direct face-to-face learning methods than those taught by the overall learning method. It is known that Qcount 0.85 <4.33 This Qtable means that HO is accepted and HI is rejected, which means that there is no significant difference in learning outcomes of learning skills in the group of students who have low interest who are taught using face-to-face learning methods and who are taught using the overall learning method Based on this it can be concluded that there is no significant difference in the learning outcomes of Physical Education skills in the group of students who have low interest between students taught using face-to-face learning methods and students taught using the overall learning method, although there are differences that show an average Leaming outcomes of teaching ski1ls taught using online learning methods are better than students taught using face-to-face learning methods for students who have low interest Keywords: methods, learning, interest in learning, learning outcomes
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr.Ir. Fatah Nurdin,M.M 2). Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Users 17084 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 22:05 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 22:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37417 |
Actions (login required)
View Item |