PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN SEPAK BOLA (Studi Eksperimen pada Siswa SMA Negeri 7 Kota Jambi)

Andi Gunawan, . (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN SEPAK BOLA (Studi Eksperimen pada Siswa SMA Negeri 7 Kota Jambi). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan menunjukkan bahwa masih rendahnya keterampilan bermain sepak bola siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, kooperatif tipe TGT, kooperatif tipe STAD, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar permainan sepak bola. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 3x2 dan teknik alisis varians (anava). Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 7 Kota Jambi. Kelompok sampel diambil secara purposive sampling. Sampel perlakuan dalam penelitian ini adalah 72 orang siswa, setelah dilakukan pembagian kelompok 27% tingkat motivasi belajar tinggi dan 27% tingkat motivasi belajar rendah. Instrument motivasi belajar diukur dengan menggunakan angket dan hasil belajar permainan sepak bola menggunakan tes keterampilan sepak bola yang terdiri dari empat bentuk tes yaitu dribbling, short passed, shooting at the goal, dan heading. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Berdasarkan temuan penelitian, bahwa (1) peningkatan hasil belajar permainan sepak bola yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe TGT (2) peningkatan hasil belajar permainan sepak bola yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD (3) peningkatan hasil belajar permainan sepak bola yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD (4) terdapat interaksi model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar permainan sepak bola, (5) pada tingkat motivasi belajar tinggi, peningkatan hasil belajar permainan sepak bola yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe TGT, (6) pada tingkat motivasi belajar tinggi, peningkatan hasil belajar permainan sepak bola yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (7) pada tingkat motivasi belajar tinggi, peningkatan hasil belajar permainan sepak bola yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (8) pada tingkat motivasi belajar rendah, peningkatan hasil belajar permainan sepak bola yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih rendah dari model pembelajaran kooperatif tipe TGT, (9) pada tingkat motivasi belajar rendah, peningkatan hasil belajar permainan sepak bola yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih rendah dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (10) pada tingkat motivasi belajar rendah, peningkatan hasil belajar permainan sepak bola yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih rendah dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, Motivasi, Hasil belajar Sepakbola ABSTRACT Based on the researcher’s observation, it was indicated that the students had low skills in playing soccer. The purpose of this study was to identify the effect of cooperative learning model type Jigsaw, team games tournaments (TGT), student team achievement division (STAD), and motivation on students learning achievement in playing soccer. This study had used an experimental research method with a 3x2 factorial design and analysis of variances. The population of this research was in senior high school 7 Jambi. The samples were selected through purposive sampling. In this study, there were 72 students in the experimental group. After the group was divided, 27% of students had high motivation, meanwhile, 27% of them had low motivation. The motivational learning instrument was assessed through questionnaires. Further, the learning achievement was assessed through skill tests, including dribbling, short passed, shooting at the goal, and heading. Data were analyzed through analysis of variances and turkey test. The findings revealed that (1) the increase in learning outcomes of soccer games taught with the Jigsaw type cooperative learning model is higher than the TGT type cooperative learning model, (2) the increase in learning outcomes of soccer games taught with the Jigsaw type cooperative learning model is higher than the STAD type cooperative learning model, (3) the increase in learning outcomes of soccer games taught with the TGT type cooperative learning model is higher than the STAD type cooperative learning model, (4) there there is interaction of cooperative learning model and learning motivation on learning outcomes towards soccer games, (5) at a high level of learning motivation, the increase in learning outcomes of soccer games taught with the Jigsaw type cooperative learning model is higher than the TGT type cooperative learning model, (6) at a high level of learning motivation, the increase in learning outcomes of soccer games taught with the Jigsaw type cooperative learning model is higher than the STAD type cooperative learning model, (7) at a high level of learning motivation, the increase in learning outcomes of soccer games taught with the TGT type cooperative learning model is higher than the STAD type cooperative learning model, (8) at a low level of learning motivation, the increase in learning outcomes of soccer games taught by the Jigsaw cooperative learning model is lower than the TGT type cooperative learning model, (9) at a low level of learning motivation, the increase in learning outcomes of soccer games taught by the Jigsaw cooperative learning model is lower than the STAD type cooperative learning model (10) at a low level of learning motivation, the increase in learning outcomes of soccer games taught by the TGT cooperative learning model is lower than the STAD type cooperative learning model. Keyword : Cooperative learning models, motivation, learning achievement in playing soccer

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd 2). Dr. Johansyah Lubis, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Sepakbola
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 17299 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2023 22:11
Last Modified: 27 Feb 2023 22:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37430

Actions (login required)

View Item View Item