PENINGKATAN PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI MELALUI VIDEO ANIMASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA TANJUNG LOMBOK UTARA

AFIFATURRAHMI, . (2023) PENINGKATAN PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI MELALUI VIDEO ANIMASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA TANJUNG LOMBOK UTARA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bencana alam sering terjadi di Indonesia, disebabkan letak geografis Indonesia di antara lempeng tektonik dunia. Salah satu daerah rawan bencana adalah Lombok. Bencana alam mengakibatkan korban jiwa, luka-luka, dan trauma, terutama anak-anak yang merupakan salah satu kelompok rentan yang paling beresiko terkena dampak bencana. Kerentanan tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan anak terkait siaga bencana gempa bumi. Kurangnya pengetahuan anak mengenai siaga bencana gempa bumi menjadi salah satu masalah yang perlu segera diatasi dan diberikan solusi. Salah satunya dengan meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan anak melalui pembelajaran siaga bencana menggunakan video animasi sebagai media pembelajaran di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi anak TK B Negeri Pembina Tanjung. Lebih spesifiknya tujuan penelitian sebagai berikut; (1) mendeskripsikan penggunaan video animasi untuk meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi anak TK Negeri Pembina Tanjung; (2) mendeskripsikan peningkatan pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi melalui video animasi pada anak TK Negeri Pembina Tanjung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan desain model penelitian Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Negeri Pembina Tanjung. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan modifikasi dari instrument yang sudah ada dan telah divalidasi oleh ahli. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Observasi awal menunjukkan pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi anak secara kalsikal masih rendah sebesar 29,16 % meningkat pada siklus I dengan persentase keberhasilan kelas sebesar 66,66% dan meningkat kembali pada siklus II dengan persentase keberhasilan kelas sebesar 83,33 %. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan dilihat dari perolehan skor pengetahuan kesiapsiagaan sebelum tindakan dan setelah tindakan di siklus I maupun siklus II yang telah memenuhi standar ketuntasan minimal. Penggunaan video animasi dalam pembelajaran siaga bencana dapat meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi anak. Kata kunci: Pengetahuan Kesiapsiagaan, Gempa Bumi, Video animasi. Natural disasters often occur in Indonesia’s geographical position between the world’s tectonic plates. One of the disaster-prone areas is Lombok. Natural disasters cause casualities, injuries, and trauma, especially children who are one of the vulnerable groups most at risk of being affected by disasters. This vulnerability is due to the lack of knowledge of children regarding earthquake disaster preparedness. The lack of children’s knowledge about earthquake disaster preparedness is one of the problems that need to be addressed immediately and given a solution. One of them is by increasing children’s knowledge of preparedness trough disaster preparedness learning using animated videos as learning media in schools. This study aims to increase knowledge of earthquake disaster preparedness for children in Kindegarten B Negeri Pembina Tanjung. More specifically, the research objectives are as follows; (1) describe the use of animated videos to increase knowledge of earthquake disaster preparedness for children at Pembina Tanjung State Kindergarten; (2) describe the incrase in knowledge of earthquake disaster preparedness for children of the Tanjung Pembina State Kindegarten. This research uses classroom action research with Kemmis & Mc Taggart’s research model design. The research subjects were group B children of Pembina Tanjung State Kindegarten. Collecting data using observation sheets, interviews, and documentation. The research instrument used is a modification of an existing instrument and has been validated by experst. Data analysis used qualitative and quantitative data analysis. Preliminary observations show that children’s knowledge of earthquake disaster preparedness is calcically still low at 29.16 %. Increasing in the first cycle with a class success percentage of 66.66 % and increasing again in the second cycle with a class success percentage of 83.33 %. The results of the study showed a significant increase in terms of acquisition of preparedness knowledge scores before and after action in cycle I and cycle II which had met the minimum standard of completeness. The use of animated videos in disaster preparedness learning can increase children’s knowledge of earthquake disaster preparedness. Keywords: Preparedness Knowledge, Earthquake, Animated Videos.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si. 2). Dr. Phil. Zarina Akbar, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 17315 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:25
Last Modified: 28 Feb 2023 01:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37461

Actions (login required)

View Item View Item