PENGARUH KONSEP DIRI, POLA BERPIKIR LOGIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Se-Jawa Barat Tahun Akademik 2021/2022)

YAYAN ALPIAN, . (2023) PENGARUH KONSEP DIRI, POLA BERPIKIR LOGIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Se-Jawa Barat Tahun Akademik 2021/2022). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (625kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (565kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri, pola berpikir logis dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan literasi digital. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dilaksanakan pada populasi mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar di Universitas Se Jawa Barat yang berjumlah 12.714 mahasiswa, dengan pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling yang berjumlah 275 mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen berupa kuesioner untuk mengukur tiga variabel yaitu mengenai konsep diri, kecerdasan emosional dan literasi digital, sedangkan instrument tes untuk mengukur satu variable yaitu pola berpikir logis. Hasil penelitian ini menunjukkan dan dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh konsep diri, pola berpikir logis dan kecerdasan emosional secara bersama-sama (simultan) terhadap kemampuan literasi digital. (2) terdapat pengaruh konsep diri terhadap kemampuan literasi digital; (3) terdapat pengaruh pola berpikir logis terhadap kemampuan literasi digital; (4) terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan literasi digital. Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: (1) Bagi mahasiswa calon guru hendaknya terus melatih diri, salah satunya dengan banyak belajar menuntaskan kasus-kasus yang terjadi dalam lingkungan pendidikan, baik di sekolah maupun lingkungan kampus dan juga lingkungan sosial secara sistematis, objektif, senantiasa berpikir positif, mendahulukan data dan fakta, serta bersabar dalam prosesnya (2) Bagi para dosen/pendidik dapat mengembangkan konsep pembelajaran yang kontekstual dengan menggunakan kasus-kasus, baik yang terjadi di lingkungan sekolah, kampus, maupun lingkungan sosial untuk diselesaikan oleh para mahasiswa dengan memanfaatkan literasi digital, (3) Bagi peneliti bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi dalam melakukan penelitian yang masih relevan, (4) Bagi akademisi di bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk melakukan penelitian selanjutnya dengan menggunakan variabel-variabel lainnya. Kata Kunci : konsep diri, pola berpikir logis, kecerdasan emosional, dan kemampuan literasi digital.************This study aimed to determine the effect of self-concept, logical thinking patterns, and emotional intelligence on digital literacy skills. This survey was conducted on a population of elementary school teacher education students at universities in West Java, totaling 12,714 students. The sample for this study used a proportional random sampling technique, totaling 275 elementary school teacher education students. The data collection technique uses an instrument in the form of a questionnaire to measure three variables, namely self-concept, emotional intelligence, and digital literacy. In contrast, the test instrument measures one variable: logical thinking patterns. The results of this study indicate, and it can be concluded that (1) there is an effect of self-concept, logical thinking patterns, and emotional intelligence simultaneously (simultaneously) on digital literacy skills. (2) there is an influence of self-concept on digital literacy skills; (3) there is an influence of logical thinking patterns on digital literacy skills; (4) there is an influence of emotional intelligence on digital literacy skills. Based on the results of this study, several suggestions were put forward as follows: (1) For prospective teachers, students should continue to train themselves, one of which is by studying a lot to solve cases that occur in the educational environment, both at school and campus environment and also the social environment in a systematic manner, objective, always think positively, put data and facts first, and be patient in the process (2) For lecturers/educators to be able to develop contextual learning concepts by using cases, both those that occur in the school, campus, and social environment to be resolved by students by utilizing digital literacy, (3) For researchers in the field of Elementary School Teacher Education to be able to utilize the results of this study as a reference in conducting research that is still relevant, (4) For academics in the field of Elementary School Teacher Education to conduct further research with using variable other labels. Keywords: self-concept, logical thinking patterns, emotional intelligence, and digital literacy ability.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Moch. Syarif Sumantri, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Yufiarti, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 17358 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:55
Last Modified: 28 Feb 2023 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37480

Actions (login required)

View Item View Item