PENGARUH ANTARA KONSEP DIRI AKADEMIK, MINAT AKADEMIK, HARAPAN AKADEMIK ORANG TUA DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI 2019

TALISYA ALVINI, . (2023) PENGARUH ANTARA KONSEP DIRI AKADEMIK, MINAT AKADEMIK, HARAPAN AKADEMIK ORANG TUA DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI 2019. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (592kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecemasan akademik merupakan rasa cemas yang dipicu oleh ketidakyakinan terhadap kemampuan diri untuk mengatasi tugas-tugas akademik. Mahasiswa memiliki latar belakang yang berbeda dalam dunia perkuliahan yang menimbulkan munculnya kecemasan akademik. Mahasiswa strata satu untuk mencapai gelar akademiknya harus menyelesaikan tugas akhirnya dengan baik. Bagi mahasiswa, tugas akhir atau skripsi merupakan suatu hal yang dapat menimbulkan kecemasan karena dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh konsep diri akademik, minat akademik, harapan akademik orang tua, dan dukungan sosial terhadap kecemasan akademik. Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi, fakultas ekonomi, Universitas Negeri Jakarta dengan 111 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional stratified random sampling sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 87 mahasiswa. Instrumen diukur menggunakan skala likert dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas serta pengelolaan data menggunakan SPSS. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri akademik, minat akademik, harapan akademik orang tua, dan dukungan sosial berpengaruh secara simultan terhadap kecemasan akademik pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2019. Kata Kunci : konsep diri akademik, minat akademik, harapan akademik orang tua, dukungan sosial, kecemasan akademik. Academic anxiety is a feeling of anxiety that is triggered by a lack of confidence in one's ability to cope with academic tasks. Students have different backgrounds in the world of lectures which give rise to academic anxiety. Undergraduate students to achieve their academic degree must complete their final assignment well. For students, the final assignment or thesis is something that can cause anxiety because it is influenced by internal factors and external factors. Using a quantitative approach to the survey method. The research was conducted to determine the effect of academic self-concept, academic interest, parents' academic expectations, and social support on academic anxiety. The population in this study were students of the economics education study program, Faculty of Economics, Jakarta State University with 111 students. The sampling technique used proportional stratified random sampling so that the samples obtained were 87 students. The instrument was measured using a Likert scale using a questionnaire that had been tested for validity and reliability and data management using SPSS. The data analysis technique used is multiple regression analysis. Based on the results of the research, it shows that academic self-concept, academic interest, parents' academic expectations, and social support simultaneously influence academic anxiety in 2019 Economics Education students. Keywords: academic self-concept, academic interest, academic expectations of parents, social support, academic anxiety.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mardi M.Si. ; 2). Dr. Rida Prihatni, SE, Ak., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 17334 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:47
Last Modified: 28 Feb 2023 03:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37486

Actions (login required)

View Item View Item