PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH CILEUNGSI BOGOR

ETRICA IKA PUTRI, . (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH CILEUNGSI BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (795kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Etrica Ika Putri. 43151612921. Pengaruh Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Muhammadiyah Cileungsi Bogor. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran e-learning saat pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah Cileungsi Bogor. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif, pengambilan sampel dengan penyebaran angket dengan perhitungannya menggunakan random sampling yang mana sampel nya diambil secara acak dari jumlah populasi. Jumlah populasi sampel yaitu 106 siswa dari 4 kelas X IPS 1, 2, 3 dan 4 yang berarti diambil 50% dari jumlah populasi sampel yaitu sejumlah 53 siswa. Hasil penelitian ini diperoleh nilai Thitung untuk pembelajaran e�learning sebesar 1,057 dengan taraf signifikasi 0,05 atau 5%, df=54 sehingga nilai ttabel sebesar 1,674 terlihat bahwa jika thitung ≤ ttabel (1,057 ≤ 1,674) dengan nilai signifikasi 0,295 ≥ 0,05. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa yang signifikan sebanyak 2%. Sehingga dapat diketahui bahwa adanya pengaruh pembelajaran e�learning terhadap hasil belajar siswa sangatlah kecil yang berarti bahwa adanya faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor internal dan eksternal. Kata Kunci: Covid-19, Pembelajaran E-Learning, Hasil Belajar Siswa. iii ABSTRACT Etrica Ika Putri. 43151612921. The Impact Of E-Learning During The Pandemic Covid-19 For Student Learning Outcomes Of Geographic X Muhammadiyah Senior High School Cileungsi Bogor. Undergraduate Thesis. Jakarta: Geography Education, Faculty Of Social Science, State University Of Jakarta. 2023. This research aims to determine the impact of e-learning during the Covid-19 pandemic on student learning outcomes at Muhammadiyah Senior High School Cileungsi Bogor. The research method used in this study is descriptive quantitative, sampling by distributing questionnaires with calculations using random sampling where the sample is taken randomly from the total population. Total sample population is 106 student which it taken for 50% so the total of sample is 53 students of 4 social classes. The results of this research obtained a for e-learning thitung 1,057 with a significance level of 0,05 or 5%, df=54 so that a Ttable value of 1,674 shows that if thitung ≤ ttabel (1,057 ≤ 1,674) with a significance of 0,295 ≥ 0,05. So the results of this research indicate that there is a significant impact of e-learning student learning outcomes as much as 2%. So it can be seen that the impact of e-learning on student learning outcomes is very small which means that there are other factors that can impact the student learning outomes that are not mentioned in this research. So the researchers concluded that other factors that influence student learning outcomes are internal and external factors. Keyword: Coronavirus, E-learning, Student Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Muhammad Zid, M.Si. 2). Sony Nugratama, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 17220 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:05
Last Modified: 02 Mar 2023 03:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37511

Actions (login required)

View Item View Item