UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BOLA KARET PADA SISWA KELAS X SMK AL FALAH JAKARTA SELATAN TAHUN 2022-2023

TEGUH WASONO, . (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BOLA KARET PADA SISWA KELAS X SMK AL FALAH JAKARTA SELATAN TAHUN 2022-2023. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FILE 1 Pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8_Bab I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
9_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
10_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
11_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
12_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text
13_Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli melalui metode pembelajaran dengan bola karet pada siswa sekolah menengah atas. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan. Penelitian dilakukan di SMK AL Falah Jakarta pada bulan Oktober sampai Novembar 2022. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas X SMK AL Falah Jakarta Jakarta dengan menggunakan Teknik total sampling maka diperoleh 35 sampel penelitian dengan 28 laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian dilakukan dengan melakukan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan norma penilaian passing atas Hasil data penelitian diperoleh bahwa: (1) Penerapan metode pembelajaran dengan bola karet dalam proses hasil belajar passing atas bola voli pada siswa sekolah menengah atas. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar passing atas bola voli siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 31,71 %; (2) Respon positif mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini tergambar dari kenaikan nilai tes passing atas siswa sebesar 28,87 % dari siklus I ke siklus II; (3) Terdapat peningkatan hasil belajar passing atash dengan menggunakan metode pembelajaran modifikasi bola karet. Kata Kunci: passing atas, model pembelajaran bola karet, bola voli Abstract: This study aims to determine the increase in learning outcomes of upper passing in volleyball games through the learning method with rubber balls in high school students. The method used is the action method of action. The research was conducted at Al Falah Vocational High School Jakarta from October to November 2022. The population in this study totaled 35 class X students at AL Falah Vocational School Jakarta using the total sampling technique, 35 research samples were obtained with 28 males and 7 females. The research was conducted by conducting two cycles. The data collection technique uses the norms of passing over the top. The results of the study show that: (1) Applying the learning method with a rubber ball in the learning process of passing over volleyball in high school students. This can be seen from the increase in learning outcomes of passing on volleyball students from cycle I and cycle II of 31.71%; (2) The positive response experienced a significant increase. This is illustrated by the increase in students' passing test scores of 28.87% from cycle I to cycle II; (3) There is an increase in learning outcomes of upper passing by using the rubber ball modification learning method. Keywords: top passing, rubber ball learning model, volleyball

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Samsudin, M.Pd 2) Mastri Juniarto, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 17248 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:22
Last Modified: 28 Feb 2023 07:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37512

Actions (login required)

View Item View Item