Komitment Pribadi, Investasi Personal, Keinginan untuk Bertindak, Pengaruhnya terhadap Perilaku Bijak Lingkungan (Sebuah Studi Kausal Pada Siswa Sekolah Menegah Atas di Jawa Timur, 2017)

STIEN JOHANNA MATAKUPAN, . (2023) Komitment Pribadi, Investasi Personal, Keinginan untuk Bertindak, Pengaruhnya terhadap Perilaku Bijak Lingkungan (Sebuah Studi Kausal Pada Siswa Sekolah Menegah Atas di Jawa Timur, 2017). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku bijak lingkungan adalah tindakan atau aktivitas seseorang yang dengan sukarela dan bebas melakukan suatu pekerjaan yang bermanfaat terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh komitmen pribadi, investasi personal (personal investment) dan keinginan untuk bertindak terhadap perilaku bijak lingkungan. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Bojonegoro sebagai sampel. Hipotesis diuji dengan menggunakan path analysis atau studi kausal dan melibatkan 170 orang siswa yang dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling atau sampel acak sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen pribadi pada resolusi isu lingkungan, investasi personal pada isu lingkungan dan keinginan untuk bertindak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap perilaku bijak lingkungan. Komitmen pribadi pada resolusi isu lingkungan, investasi personal pada isu lingkungan berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap perilaku bijak lingkungan melalui keinginan untuk bertindak Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan perubahan pada perilaku bijak lingkungan siswa secara langsung dipengaruhi oleh komitmen pribadi, investasi personal dan secara tidak langsung dipengaruhi oleh keinginan untuk bertindak. Dengan demikian bila kita ingin meningkatkan perilaku bijak lingkungan maka faktor-faktor seperti komitmen personal, investasi pribadi dan keinginan untuk bertindak perlu dipertimbangkan. Dengan demikian kebijakan terkait peningkatan kualitas proses pembelajaran pendidikan lingkungan hidup serta dukungan masyarakat perlu ditingkatkan. Apa yang dipelajari siswa didalam ruang kelas tentang lingkungan hidup perlu diperkuat dengan pembelajaran yang memberikan pengalaman lapangan. Kebijakan terkait pengembangan kepedulian siswa terhadap lingkungan dan etika, serta pengembangan kompetensi siswa untuk mengidentifikasi isu lingkungan dan berpartisipasi dalam mengatasi masalah lingkungan merupakan faktor-faktor yang juga perlu dipertimbangkan **** Citizenship behaviour concept is normally use to identify the quality of activities conducted by people to act towards the environment in ways that are more responsible. The objective of this research is to finding out information about the effect of personal commitment to environmental issue resolution, personal investment in environmental issues and intention to act on citizenship behavior. The study was conducted at a senior high school in Bojonegoro. To test the hypothesis, a survey method with path analysis is applied and 170 samples was selected by simple random sampling. The research concludes that citizenship behaviour significantly affected directly by personal commitment, personal investment and intention to act. Citizenship behaviour significantly affected indirectly by personal commitment through intention to act. Citizenship behaviour also significantly affected indirectly by personal investment through intention to act. Based on these findings, it could be revealed that any changing or variation occurred in student’s citizenship behavior might have been directly affected by personal commitment, personal investment and intention to act. Any variation occurred in student’s citizenship behaviour also indirectly affected by personal commitment and personal investment through intention to act. Hence, if we want to improve citizenship behavior, factors such as personal commitment, personal investment, and intention to act should be taken into account. What is learnt inside the classroom about environmental education needs to be reinforced and supported by what happens outside the classroom. The policy related to the development of student’s environmental and ethical awareness, their growth in competence to identify and address environmental issues are factors that also need to be considered.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Made Putrawan 2). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Lingkungan
Depositing User: Users 17186 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2023 01:23
Last Modified: 15 May 2023 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37580

Actions (login required)

View Item View Item