PENGARUH IKLIM SEKOLAH (SCHOOL CLIMATE) DAN KETEKUNAN (PERSISTENCE) TERHADAP PERILAKU BIJAK TERHADAP LINGKUNGAN (CITIZENSHIP BEHAVIOR TOWARD ENVIRONMENT) PESERTA DIDIK SMAN DI JAKARTA

KHARISMA WIDARSIH, . (2023) PENGARUH IKLIM SEKOLAH (SCHOOL CLIMATE) DAN KETEKUNAN (PERSISTENCE) TERHADAP PERILAKU BIJAK TERHADAP LINGKUNGAN (CITIZENSHIP BEHAVIOR TOWARD ENVIRONMENT) PESERTA DIDIK SMAN DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masalah lingkungan merupakan masalah global yang sangat krusial. Permasalahan ini disebabkan oleh aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab dan hanya mementingkan kebutuhan pribadi tanpa memperhatikan dampak yang ditimbulkan ke lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah dengan menanamkan perilaku bijak terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh school climate dan persistence terhadap citizenship behavior toward environment peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 68 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian berjumlah 70 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei yang bersifat kausal dan dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil perhitungan koefisien reliabilitas instrumen citizenship behavior toward environment sebesar 0,911, persistence sebesar 0,965, school climate sebesar 0,942 yang berarti ketiga instrumen dapat dipercaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa school climate berpengaruh langsung terhadap persistence amat sangat signifikan, persistence berpengaruh langsung terhadap citizenship behavior toward environment amat sangat signifikan, school climate berpengaruh langsung terhadap citizenship behavior toward environment amat sangat signifikan, dan school climate berpengaruh tidak langsung terhadap citizenship behavior toward environment melalui persistence secara signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa persistence dapat menjadi mediator yang baik antara school climate dengan citizenship behavior toward environment. Kata Kunci: Analisis jalur, citizenship behavior toward environment, persistence, school climate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Made Putrawan. ; 2). Drs. Refirman Djamahar, M.Biomed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 17319 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2023 07:16
Last Modified: 02 Mar 2023 07:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37682

Actions (login required)

View Item View Item