PENGARUH KOMPOSIT SERBUK KAYU, SERABUT KELAPA, SERBUK ALUMINIUM DAN SERBUK TEMBAGA TERHADAP PERFORMA DAN KEKERASAN KAMPAS KOPLING SEPEDA MOTOR MATIC 150 CC

DANANG BUDI PRATAMA, . (2023) PENGARUH KOMPOSIT SERBUK KAYU, SERABUT KELAPA, SERBUK ALUMINIUM DAN SERBUK TEMBAGA TERHADAP PERFORMA DAN KEKERASAN KAMPAS KOPLING SEPEDA MOTOR MATIC 150 CC. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari komposisi komposit terbaik untuk digunakan pada kampas kopling sentrifugal CVT berbahan paduan serbuk kayu, serbuk kelapa, serbuk tembaga dan serbuk aluminium terhadap performa mesin sepeda motor vario 150cc. mengetahui komposisi spesimen uji yang sesuai, untuk mendapatkan nilai keausan kampas kopling sentrifugal, nilai torsi dan daya mesin sepeda motor vario 150cc yang paling optimal. Metode rekayasa teknik atau metode percobaan yang digunakan dipenelitian ini, dilakukan dengan mevariasikan 5 spesimen uji yaitu spesimen 1, spesimen 2, spesimen 3, spesimen 4 dan spesimen 5 kemudian dilakukan pengujian performa kendaraan dengan menggunakan dynamometer dan pengujian secara langsung dijalan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan hasil analisa data, spesimen uji 4 memiliki nilai torsi 15,37 Nm dan daya sebesar 10,4 HP,selain itu dari hasil uji kekerasan Vickers didapatkan harga Vickers senilai 22,94 HV kemudian pada pengujian secara langsung dijalan untuk mengetahui nilai keausan yang berkurang setelah pemakaian, setelah menempuh jarak 500 km spesimen 4 hanya mengalami keausan 0.9 gr. ***** The purpose of this study was to find the best composite composition for use on CVT centrifugal clutch linings made from an alloy of wood sawdust, coconut powder, copper powder and aluminum powder on the performance of a 150cc vario motorcycle engine. determine the composition of the appropriate test specimens, to obtain the wear value of the centrifugal clutch lining, the torque value and the most optimal engine power of the 150cc vario motorcycle. The engineering method or experimental method used in this study was carried out by varying the 5 test specimens, namely specimen 1, specimen 2, specimen 3, specimen 4 and specimen 5, then testing the vehicle's performance using a dynamometer and testing directly on the road. Based on the research that has been done and the results of data analysis, the test specimen 4 has a torque value of 15.37 Nm and a power of 10.4 HP. wear and tear 0.9 gr. And vickers value 22,94 HV

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ahmad Kholil., S.T., M.T. ; 2). Dr.Riyadi., S.T., M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 17274 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2023 01:09
Last Modified: 03 Mar 2023 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37720

Actions (login required)

View Item View Item