PENGARUH LINGKUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

FAIRUZ ZAHID, . (2023) PENGARUH LINGKUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (996kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Sejak pandemi COVID-19 di tahun 2020, pembelajaran di Universitas Negeri Jakarta menggunakan Pembelajaran Jarak Jauh. Perubahan dari pembelajaran konvensional ke Pembelajaran Jarak Jauh itu dapat mempengaruhi Motivasi Belajar yang dimiliki Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bangunan. Proses pengambilan data penelitian ini dilakukan pada semester berjalan 117 di Universitas Negeri Jakarta dengan jumlah responden sebanyak 192 Mahasiswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dengan menggunakan metode perhitungan kuantitatif seperti uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana yang meliputi persamaan regresi, uji koefisien determinasi, dan uji t. Hasil dari penelitian tersebut nantinya akan dideskripsikan berdasarkan nilai uji yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dengan kategori sedang dari variabel Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh terhadap variabel Motivasi Belajar. Dengan pengaruh yang ditimbulkan dari variabel Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh terhadap variabel Motivasi Belajar adalah sebesar 31,1%, sementara 68,9% lainnya ditimbulkan dari variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini. Sehingga disimpulkan bahwa Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar. ***** This thesis aims to determine the influence caused by the Distance Learning Environment on the Learning Motivation of Building Engineering Education Study Program Students. Since the COVID-19 pandemic in 2020, learning at Jakarta State University has used distance learning. The change from conventional learning to Distance Learning can affect the Learning Motivation of Building Education Study Program Students. The data collection process for this research was carried out in the current semester of 117 and the subject is a college students at Jakarta State University with a total of 192 respondent. The data collection technique used is a questionnaire and for analysis data using quantitative calculation methods such as normality tests and hypothesis testing. The results of this study will later be described based on the test scores obtained. The results showed that there was a positive and significant effect in the medium category of the Distance Learning Environment variable on the Learning Motivation variable. The effect of the Distance Learning Environment variable on the Learning Motivation variable is 31.1%, while the other 68.9% is caused by other variables not included in this study. So it is concluded that the Distance Learning Environment has a positive effect on Learning Motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rosmawita Saleh, M.Pd. ; 2). Anisah, M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 17364 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2023 00:08
Last Modified: 07 Mar 2023 00:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37784

Actions (login required)

View Item View Item