Analisis Wortfamilie dan Wortbildung Kosakata Aktif dalam Buku Kontakte Deutsch dengan Menggunakan PONS Grammatik

Wita Awaliyah., . (2012) Analisis Wortfamilie dan Wortbildung Kosakata Aktif dalam Buku Kontakte Deutsch dengan Menggunakan PONS Grammatik. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
GRAFIK PENGEMBANGAN KATA.pdf

Download (719kB)
[img] Text
GRAFIK PROSENTASE KOSAKATA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JUDUL SKRIPSI BARU.pdf

Download (18kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (516kB)
[img] Text
ZF & DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)

Abstract

Kosakata merupakan komponen bahasa yang perlu dikembangkan sedini mungkin dalam mempelajari bahasa. Kosakata terdiri dari dua jenis yaitu kosakata aktif dan kosakata pasif. Salah satu alternatif untuk mengembangkan kosakata bahasa Jerman yaitu dengan memahami konsep Wortfamilie (rumpun kata) dan Wortbildung (pembentukan kata) bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai Wortfamilie dan Wortbildung kosakata aktif dalam buku Kontakte Deutsch dengan menggunakan PONS Grammatik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi pustaka. Data diperoleh berdasarkan Kontakte Deutsch (KD) 1, KD 2, KD 3 dan KD extra. Dalam analisis data digunakan metode deskriptif yaitu memaparkan kosakata dari segi Wortfamilie dan Wortbildung. Buku tata bahasa yang dijadikan acuan dalam analisis Wortbildung yaitu PONS Grammatik. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu 1) inventarisasi kosakata dasar aktif dari buku Kontakte Deutsch 1. Hasil inventarisasi kosakata tersebut berjumlah 33 kata. 2). Pengumpulan Wortfamilie kosakata dasar aktif dari buku Kontakte Deutsch 2, 3 dan extra. 3). Analisis kosakata berdasarkan Wortbildung dengan menggunakan PONS Grammatik. 4). Penerjemahan kata berdasarkan Glossar Kontakte Deutsch. Dari hasil penelitian dapat diketahui jumlah Wortfamilie dari kosakata dasar aktif sebanyak 82 kata. Sedangkan hasil Wortbildung dalam penelitian ini yaitu Komposita sebanyak 67 kata dan Derivasi sebanyak 25 kata Berdasarkan hasil penelitian di atas, guru bahasa Jerman di SMA dapat menggunakan pengetahuan tentang Wortfamilie dan Wortbildung sebagai salah satu alternatif pengajaran dalam meningkatkan pengembangan kosakata bahasa Jerman siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 21 Oct 2019 15:11
Last Modified: 21 Oct 2019 15:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item