PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN (PKKR) KELAS XII DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMK NEGERI 5 JAKARTA

LEONITA IVANA PAKPAHAN, . (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN (PKKR) KELAS XII DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMK NEGERI 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (617kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang pembelajaran pada mata pelajaran Pemeriksaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model pembelajaran CTL. Penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan (yang terdiri dari Pembelajaran Awal, Inti Pembelajaran, dan Penutup), observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini merupakan siswa kelas XII pada jurusan TKR di SMK Negeri 5 Jakarta, yang berjumlah tiga puluh siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Dan hasil belajar siswa diukur dengan melakukan pre-test dan post-test yang dilakukan tiap awal dan akhir siklus. Penelitian ini mendapatkan hasil persentase ketuntasan siswa yang mengalami peningkatan setiap pre-test dan post-test. Pre-test siklus I sebesar 0% meningkat menjadi 20% pada post-test siklus I. Pre-test siklus II kembali meningkat menjadi 33,33%, dan kembali meningkat pada post-test siklus II menjadi 53,33%. Sedangkan nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan, dari 53,07 pada pre-test siklus I menjadi 67,60 pada post-test siklus I. Dan kembali terjadi peningkatan pada pre-test siklus II sebesar 73,20 menjadi 80,00 pada post-test siklus II. ***** The objective of this study is to contriving study method on discipline of automotive electricity maintenance along with improving the pupils’ learning score through CTL method. The study engaged on Classroom Action Research (CAR) with applying CTL method. It has 4 stages that consists; preparations, implementation (principally consists of preliminary study, main study and closing) observation and reflection. The main subject of this study is a group of 30 students in 12th grader at SMK Negeri 5 Jakarta specialization in automotive. By focusing on 2 cycles, the pupils’ score will be measured by taking pretest and posttest through the cycles (the first and last cycle). Occurring in this study, the percentage of the pupil’s passing score had increased gradually on each test. The first cycle had reach to the level 20% on the post-test growing significantly from the pre-test in level 0%. On the 2nd cycle quite increasing to reach 33.33% and reach its’ peak on the post-test in level 53.33%. This means, the growth also occurred in average score. This shown in the first pre-test that only gain 53.07 to 67.60 on the post-test. And lastly, it obtained more significant growth on the 2nd cycle, the score reached 73.20 on the pre-test to 80.00 on the post-test.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Adi Tri Tyassmadi, M.Pd. ; 2). Dra. Ratu Amilia Avianti, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 17682 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:44
Last Modified: 06 Mar 2023 01:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37938

Actions (login required)

View Item View Item