PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK N 5 JAKARTA

HAIRINA AMBAR SARI, . (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK N 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (627kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggambar teknik pada siswa kelas X di SMK Negeri 5 Jakarta dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan suatu bentuk penyelidikan yang dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti. Penelitian Ini terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tempat penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Jakarta dan subjek penelitian adalah siswa kelas X TP sejumlah 36 siswa. Data terkait hasil belajar diukur dengan melakukan pre-test dan post-test yang dilakukan tiap awal dan akhir siklus. Penelitian terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, pada siklus I nilai rata-rata seluruh siswa 67,56 dengan presentase hanya 25% yang mencapai KKM dan pada siklus II nilai rata-rata seluruh siswa 81,67 dengan presentase mencapai 67% yang mencapai KKM. Peneliti dapat menyimpulkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. ***** This study aims to improve the learning outcomes of technical drawing in class X students at SMK Negeri 5 Jakarta by applying the Problem Based Learning learning model. This research is Classroom Action Research (CAR), which is a form of investigation carried out by participants who are involved in the situation under study. This research consists of four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The research site was conducted at SMK Negeri 5 Jakarta and the research subjects were 36 students in class X TP. Data related to learning outcomes are measured by conducting pre-tests and post-tests which are carried out at the beginning and end of each cycle. The research consisted of two cycles. The results of this study indicate that student achievement has increased from cycle I to cycle II, that is, in cycle I the average value of all students is 67.56 with a percentage of only 25% achieving KKM and in cycle II the average value of all students is 81, 67 with a percentage of 67% reaching KKM. Researchers can conclude that student learning outcomes have increased by applying the Problem Based Learning learning model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ratu Amilia Avianti, M.Pd. ; 2). Ahmad Kholil, S.T., M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 17681 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2023 23:56
Last Modified: 06 Mar 2023 23:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37958

Actions (login required)

View Item View Item