PENGARUH USABILITY MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TAHUN AJARAN 2022/2023 (STUDI PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA DI SANGGAR 016 DKI JAKARTA)

HERU PRASETIO, . (2023) PENGARUH USABILITY MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TAHUN AJARAN 2022/2023 (STUDI PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA DI SANGGAR 016 DKI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh usability media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan terhitung sejak Juli sampai dengan Oktober 2022. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IPS SMA swasta yang berada di lingkungan Sanggar 16 Jakarta Timur yang berjumlah 223 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 143 siswa yang dijaring menggunakan teknik proportional ramdom sampling. Teknik pengumpulan menggunakan metode survei dengan kuesioner tertutup melalui Google Form. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer untuk variabel bebas (X) dan data sekunder untuk variabel terikat (Y). Analisis data menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) usability media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, 2) usability media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, 3) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dan 4) usability media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening. Kata Kunci : Usability Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. *** This research was conducted to analyze the effect of the usability of learning media on student learning outcomes in Economics subject with learning motivation as an intervening variable. This research was conducted for 3 (three) months from July to October 2022. The method used is a survey method using a quantitative approach. The population of this study were all students of Class XI IPS in private high schools in the Sanggar 16 East Jakarta area, totaling 223 students. Determination of the number of samples using the Slovin formula and obtained a total sample of 143 students who were selected using the proportional random sampling technique. The collection technique uses the survey method with a closed questionnaire via Google Form. The data used in this study are primary data for the independent variable (X) and secondary data for the dependent variable (Y). Data analysis used path analysis techniques with IBM SPSS Statistics 25. The results of this study indicate that: 1) the usability of learning media has a positive and significant effect on learning motivation, 2) the usability of learning media has a positive and significant effect on learning outcomes, 3) learning motivation has a positive and significant effect on learning outcomes, and 4) the usability of learning media has a positive and significant effect on student learning outcomes in class XI economics with learning motivation as an intervening variable. Keywords : Usability of Learning Media, Learning Motivation, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Suparno, S.Pd, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, SE., M.SE.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 17132 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2023 05:00
Last Modified: 06 Mar 2023 05:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37962

Actions (login required)

View Item View Item