HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN NATURALISTIK DAN SENSITIVITAS LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB LINGKUNGAN PADA SISWA SMA

HAIFA MURISA, . (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN NATURALISTIK DAN SENSITIVITAS LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB LINGKUNGAN PADA SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pembangunan dan kemajuan teknologi yang tidak diiringi perilaku manusia yang bertanggung jawab terhadap lingkungan telah banyak memberikan dampak buruk bagi lingkungan karena polusi yang dihasilkan. Salah satu kecerdasan yang berfokus pada pemahaman lingkungan adalah kecerdasan naturalistik. Kecerdasan naturalistik diharapkan mampu mendorong perilaku tanggung jawab lingkungan. Faktor lain yang turut berperan dalam menentukan individu bertindak menjaga lingkungan adalah sensitivitas lingkungan. Sensitivitas lingkungan berperan sebagai acuan tingkat kepekaan individu dalam merespon adanya perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan naturalistik dan sensitivitas lingkungan dengan perilaku tanggung jawab lingkungan pada siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif – kuantitatif dengan studi korelasional. Sampel dalam penelitian ini yaitu 125 siswa kelas X SMA Negeri 93 Jakarta yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan menggunakan instrumen dalam bentuk kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan rata – rata tingkat kecerdasan naturalistik cerdas, tingkat sensitivitas lingkungan tinggi, dan tingkat perilaku tanggung jawab lingkungan tinggi. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa terdapat hubungan positif kecerdasan naturalistik siswa dengan perilaku tanggung jawab lingkungan siswa dengan tingkat hubungan yang sedang. Terdapat hubungan positif sensitivitas lingkungan siswa dengan perilaku tanggung jawab lingkungan siswa dengan tingkat hubungan yang kuat. Terdapat hubungan positif antara kecerdasan naturalistik dan sensitivitas lingkungan secara bersama-sama dengan perilaku tanggung jawab lingkungan siswa dengan tingkat hubungan yang kuat. Developments and technological advances that are not accompanied by environmentally responsible human behavior have had a lot of negative impacts on the environment because of the pollution they produce. One of the intelligences that focuses on understanding the environment is naturalistic intelligence. Naturalistic intelligence is expected to be able to encourage responsible environmental behavior. Another factor that plays a role in determining individuals to act in protecting the environment is the environmental sensitivity. Environmental sensitivity as a supporter of the level of individual support in responding to environmental changes. This study aims to determine the relationship between naturalistic intelligence and environmental sensitivity on responsible environmental behavior in high school students. The research method used is descriptive - quantitative with a correlational study. The sample in this study were 125 students of class X SMA Negeri 93 Jakarta which were determined using the Slovin formula. Data were collected using the instrument in the form of questionnaires. The results showed the mean level of naturalistic intelligence was intelligent, the level of environmental sensitivity was high, and the level of responsible environmental behavior was high. Based on this research, it was found that there is a positive relationship between students' naturalistic intelligence and students' responsible environmental behavior with a moderate level of relationship. There is a positive relationship between students' environmental sensitivity and students' responsible environmental behavior of students with a strong level of relationship. There is a positive relationship between naturalistic intelligence and environmental sensitivity together on responsible environmental behavior with a strong level of relationship.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Suryanda, S.Pd., M.Si. ; 2). Erna Heryanti, S.Hut., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 17478 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:22
Last Modified: 08 Mar 2023 03:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37996

Actions (login required)

View Item View Item