PEMANFAATAN FILM SEJARAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMBANGUN KESADARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 50 JAKARTA

ARLYAN MERRYASNI, . (2023) PEMANFAATAN FILM SEJARAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMBANGUN KESADARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 50 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan Kesadaran Sejarah siswa melalui penerapan media film dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini akan dilakukan dengan fokus utama pemanfaatan film sejarah bertemakan sejarah dalam meningkatkan kesadaran sejarah di SMAN 50 Jakarta. Penelitian dilakukan dari bulan Febuari hingga November 2022. Metode yang digunalan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif yang melalui tiga alur, yaitu (1) Kondensiasi data , (2) Penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipasi, bahan documenter, serta metode –metode baru seperti metode visual dan metode penelusuran bahan internet. Informan dalam penelitian ini adalah guru-guru sejarah di SMA NEGERI 50 JAKARTA serta peserta didik, data sekunder terdapat dalam perangkat pembelajaran. Hasil penelitian ini menjadi rekomendasi untuk guru agar siswa memiliki kemampuan mengolah informasi sehingga pembelajaran sejarah lebih bermakna. Hal ini menunjukkan bahwa dalam penerapan media film untuk meningkatkan Kesadaran Sejarah siswa merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Film sejarah digunakan sebagai media ajar sangat membantu guru sejarah untuk menarik minat peserta didik. Guru menggunakan film sejarah sebagai langkah awal dalam memulai materi baru agar peserta didik memiliki gambaran tentang materi yang akan dibahas. Penggunaan film sejarah bagi peserta didik dinilai jauh lebih menyenangkan karena film memiliki alur cerita dan memudahkan peserta didik untuk memahami kronologis suatu kejadian. The purpose of this study is to increase students' historical consciousness through the application of film media in history learning. This research will be conducted with the main focus on the use of historical-themed commercial films in increasing historical consciousness at SMAN 50 JAKARTA. The research will be conducted from February to November 2022. The method used in this research is descriptive qualitative. The data analysis technique used is descriptive qualitative through three paths, namely (1) data reduction, (2) data presentation, and (3) drawing conclusions. Data collection methods were carried out through in-depth interviews, participatory observations, documentary materials, as well as new methods such as visual methods and internet search methods. Informants in this study were history teachers at SMA NEGERI 50 JAKARTA and students, secondary data contained in learning tools. The results of this study become recommendations for teachers so that students have the ability to process information so that history learning is more meaningful. This shows that the application of film media to increase students' History Consciousness is one way that can be used in learning history at school. Historical films are used as teaching media to really help history teachers to attract students' interest. The teacher uses historical films as the first step in starting new material so that students have an overview of the material to be discussed. The use of historical films for students is considered much more enjoyable because the film has a storyline and makes it easier for students to understand the chronology of an event.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Umasih , M.Hum. 2). Prof. Dr. Sarkadi , M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 17336 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:38
Last Modified: 06 Mar 2023 01:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38003

Actions (login required)

View Item View Item