PEMBELAJARAN BAHASA REJANG SEBAGAI MUATAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR BENGKULU UTARA (Etnografi Pembelajaran di SDN 158 Kampung Sunda Air Baus)

SALATI ASMAHASANAH, . (2023) PEMBELAJARAN BAHASA REJANG SEBAGAI MUATAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR BENGKULU UTARA (Etnografi Pembelajaran di SDN 158 Kampung Sunda Air Baus). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (795kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pembelajaran bahasa Rejang sebagai muatan lokal wajib di Bengkulu Utara yang dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 158 Desa Air Baus yang dikenal „Kampung Sunda”. Sub Fokusnya adalah mengamati bagaimana proses kegiatan belajar mengajar bahasa Rejang yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, apresiasi siswa terhadap pelajaran muatan lokal Bahasa Rejang, serta pendekatan dan model pembelajaran muatan lokal bahasa Rejang. Metode penelitian ini menggunakan studi Etnografi pembelajaran jenisnya etnografi realis, pengumpulan data melalui wawancara dan kusioner, dan teknis analisis yang digunakan adalah analisis Spradley yaitu analisis domain, taksonomi, dan tema budaya. Temuan penelitian ini adalah 1) perencanaan pembelajaran guru berpedoman pada sumber belajar yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah Bengkulu Utara yang terdiri dari pedoman kurikulum hasil Bimtek, dan buku pelajaran, 2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa daerah Rejang menggunakan metode yang variatif yang memfokuskan pada aspek keterampilan berbahasa dan memperhatikan aspek pemerolehan bahasa bagi siswa dan menambah wawasan mengenai materi mengenal hurup, mengenal angka, mengartikan bahasa indonesia ke dalam bahasa Rejang, cerita rakyat dan membaca dongeng, serta aksara KaGaNga, 3) Evaluasi pembelajaran bahasa Rejang difokuskan pada penilaian proses dan hasil, 4) Apresisasi siswa terhadap pembelajaran muatan lokal Rejang mereka menghargai dan senang mengikuti pelajaran. 5) Pendekatan pembelajaran yang digunakan guru adalah pendekatan komunikatif dengan model kontekstual dan berbasis tugas. Muatan lokal Rejang di SDN 158 Air Baus Kampung Sunda Bengkulu Utara sebagai wujud penguatan karakter bangsa siswa melalui kecintaan terhadap kearifan lokal daerahnya, menjalin keakraban tanpa saling membedakan dan siswa leluasa berkembang dan berinteraksi dengan masyarakat. Kata Kunci : Pembelajaran, bahasa Rejang, muatan lokal*****************The purpose of this study was to examine Rejang language learning as a required local subject in North Bengkulu which was carried out at 158 Kampung Sunda Air Baus Elementary School , known as 'Kampung Sunda'. The sub-focus was observing how the process of teaching and learning activities for the Rejang language included the process of planning, implementing and evaluating learning, student appreciation of Rejang language local subject, as well as approach and model for learning Rejang local subject. This research method used an Ethnographic study of realist ethnography, data collection through interviews and questionnaires, and the analytical technique used was Spradley analysis, namely domain analysis, taxonomy, and cultural themes. The findings of this study were 1) teacher learning planning was guided by learning resources that had been prepared by the North Bengkulu Regional Government consisting of curriculum guidelines from Bimtek results, and textbooks, 2) The implementation of learning the Rejang regional language used a varied method that focused on aspects of language skills and paid attention to aspects of language acquisition for students and added insight into the material of knowing letters, recognizing numbers, interpreting Indonesian into Rejang, folklore and reading fairy tale, and kaGaNga script, 3) Evaluation of Rejang language learning was focused on assessing processes and results, 4) Students appreciation of Rejang local subject learning, they appreciated and enjoyed participating in lessons, 5) The learning approach used by the teacher was a communicative approach with contextual and task-based models. Rejang local subject at SDN 158 Air Baus Kampung Sunda, North Bengkulu is a form of strengthening national character for students through love for the local wisdom of the area, establishing friendship without discriminating against each other and students are free to develop and interact with the community. Keywords: Learning, Rejang language, local subject

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Moch. Syarif Sumantri, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 17456 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2023 01:21
Last Modified: 07 Mar 2023 01:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38038

Actions (login required)

View Item View Item