MAS RORO DIAH WAHYU LESTARI, . (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN KELAS V SEKOLAH DASAR BANTEN DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL SISWA (Study Komparasi Model Pembelajaran SAVI, Saintifik, dan Kontekstual). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
2 BAB I Prof arita marini.pdf Download (1MB) |
|
Text
3 Bab II Prof arita (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
4 bab III prof Arita.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
5 Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
6 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
1 cover masroro.pdf Download (3MB) |
|
Text
8 Lampiran & daftar riwayat hidup (2)_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil survei pendahuluan menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata pemahaman bacaan anak Kelas V SD di Provinsi Banten berada pada skor 6. Nilai rata-rata pemahaman bacaan siswa SD di Banten berada satu poin dibawah nilai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)) standart DIKNAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui,1) Perbedaan kemampuan pemahaman bacaan siswa yang diajarkan model Saintifik dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kontektual dengan mengontrol kemampuan awal, 2) Perbedaan kemampuan pemahaman bacaan siswa yang diajarkan model SAVI dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kontektual dengan mengontrol kemampuan awal, 3)Perbedaan kemampuan pemahaman bacaan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Saintifik dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran SAVI dengan mengontrol kemampuan awal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitaif. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperiment. Ada tiga kelompok eksperimen yang berasal dari 3 sekolah berbeda, dengan jumlah populasi 270 siswa kelas 5 SD. Tiap-tiap kelompok terdiri 25 sampel siswa kelas 5 SD. Pengambilan datanya menggunakan pre tes dan pos tes. Tiap-tiap kelompok mendapatkan perlakuan satu model pembelajaran dari tiga model dalam waktu yang berbeda. Data dianalisis dengan menggunakan Ancova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman bacaan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran saintifik lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kontekstual dengan mengontrol kemampuan awal siswa. Kemampuan pemahaman bacaan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran SAVI lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kontekstual dengan mengontrol kemampuan awal siswa. Kemampuan pemahaman bacaan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran saintifik lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran SAVI dengan mengontrol kemampuan awal siswa. Dari ketiga model pembelajaran yang telah diterapakan di kelas di ketahui bahwa model pembelajaran saintifik memiliki kemampuan meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan hasil paling tinggi dibandingkan dua model pembelajaran yang digunakan penelitian
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd 2). Dr. Asep Supena,M.Psi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 17737 not found. |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 02:26 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 02:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38044 |
Actions (login required)
View Item |