PEMBELAJARAN SEJARAH PEMINATAN KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA BADAN PEMBINA SEKOLAH & KURSUS 1 JAKARTA (SMAS BPS&K 1 JAKARTA)

MUSFIQ AMRULLAH, . (2023) PEMBELAJARAN SEJARAH PEMINATAN KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA BADAN PEMBINA SEKOLAH & KURSUS 1 JAKARTA (SMAS BPS&K 1 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (988kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text
06 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (964kB)
[img] Text
07 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Musfiq Amrullah, Pembelajaran Sejarah di SMAS BPS&K 1 Jakarta. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2022 hingga Maret 2022 di SMAS BPS&K 1 Jakarta. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran sejarah di SMAS BPS&K 1 Jakarta meliputi Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, dan Evaluasi Pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Untuk validasi data dilakukan dengan triangulasi data. Dalam proses pengumpulan data, penulis melakukan wawancara terhadap informan kunci dan informan inti dari penelitian ini. Sebagai informan kunci adalah Bapak Sugeng Pribadi S.Pd selaku Wakil Kepala sekolah SMAS BPS&K 1 Jakarta bidang kurikulum. Kemudian untuk informan inti adalah siswa kelas X IPS 1, X IPS 3, X IPS 4, dan XI IPS 5 SMAS BPS&K 1 Jakarta beserta guru dari mata pelajaran Sejarah SMAS BPS&K 1 Jakarta, yaitu Bapak Abadi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah yang dilaksanakan di kelas X IPS SMAS BPS&K 1 Jakarta sudah mengikuti tahap – tahap tahapan Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, dan Evaluasi Pembelajaran secara sistematis. Guru telah menguasai materi pembelajaran sejarah sehingga materi yang disampaikan sampai kepada siswa. Perencanaan Pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sudah dibuat oleh guru sebagai perangkat pembelajaran yang digunakan untuk pedoman pembelajaran. Untuk silabus sejarah, guru menggunakan Silabus yang dikeluarkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017, dan digunakan sebagai acuan dalam membuat Prota, Prosem, dan RPP. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru telah menerapkan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tahapan yang tercantum pada RPP. Tahap – tahap pelaksanaan pembelajaran diawali dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru telah menguasai materi pembelajaran sehingga materi yang disampaikan mudah dipahami oleh siswa. Hanya saja pada kegiatan pendahuluan, guru tidak selalu tepat waktu dalam memasuki kelas dan sering keluar dari kelas ketika dalam kegiatan pembelajaran. Namun, walaupun guru dapat menguasai materi dengan baik, terdapat faktor penghambat pada kegiatan pembelajaran yaitu ketersediaan buku pegangan siswa dan waktu pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan siswa, hal tersebut membuat siswa sedikit sulit untuk membaca ulang materi pembelajaran sebab tidak semua siswa mencatat setiap kegiatan pembelajaran dan juga guru yang terlalu dominan berbicara dalam memberikan pembelajaran . Pada tahap Evaluasi Pembelajaran, guru melakukan tahap Evaluasi Pembelajaran dengan melakukan penilaian terhadap aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan sikap. Dalam tahapan Evaluasi Pembelajaran inti, guru melakukan penilaian melalui tes tertulis dan tes tidak tertulis. Untuk tes tertulis dilaksanakan melalui Ulangan Harian (UH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS). Kemudian untuk tes tidak tertulis, guru memberikan penilaian terhadap siswa berdasarkan kegiatan diskusi kelompok, presentasi kelompok, serta sesi tanya jawab yang dilaksanakan setelah kegiatan presentasi kelompok. Penilaian tersebut diambil berdasarkan keaktifan serta sikap dari peserta didik selama kegiatan diskusi kelompok, presentasi kelompok, dan sesi tanya jawab berlangsung. Kata kunci : Pembelajaran Sejarah, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran Musfiq Amrullah, History Studies at SMAS BPS&K 1 Jakarta. Thesis, Jakarta: History Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2022. This research was conducted from January 2022 to March 2022 at SMAS BPS&K 1 Jakarta. The purpose of this research is to find out how history is taught at SMAS BPS&K 1 Jakarta including learning plans, learning implementation, and learning evaluation. The method used is a qualitative method. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. For data validation is done by data triangulation. In the data collection process, the authors conducted interviews with key informants and key informants from this study. As a key informant, Mr. Sugeng Pribadi S.Pd as Deputy Principal of SMAS BPS&K 1 Jakarta in the field of curriculum. Then for the key informants were students of class X IPS 1, X IPS 3, X IPS 4, and XI IPS 5 SMAS BPS&K 1 Jakarta along with the history teacher at SMAS BPS&K 1 Jakarta, namely Mr. Abadi. The results of the research that has been done show that the history lesson which is carried out in class X IPS SMAS BPS&K 1 Jakarta has followed the stages of Learning Planning, Learning Implementation, and Learning Evaluation in a systematic manner. The teacher has mastered the history learning material so that the material is conveyed to students. Learning planning carried out by the teacher has followed the rules issued by the government. Annual Program (Prota), Semester Program (Prosem), and Learning Implementation Plans (RPP) have been made by teachers as learning tools that are used as learning guidelines. For the history syllabus, teachers use the syllabus issued by the Ministry of Education and Culture in 2017, and is used as a reference in making Prota, Prosem, and RPP. At the learning implementation stage, the teacher has implemented the learning implementation according to the stages listed in the learning plans. The stages of learning implemention begin with preliminary activities, core activities, and closing activities. The teacher has mastered the learning material so that the material presented is easily understood by students. It's just that in preliminary activities, teachers are not always on time in entering class. However, even though the teacher can master the material well, there is an inhibiting factor in learning activities, namely the availability of student handbooks. Based on the results of the author's interviews with students, this makes it a little difficult for students to re-read the learning material because not all students record every learning activity. In the Learning Evaluation stage, the teacher carries out the Learning Evaluation stage by evaluating aspects of knowledge, skills, and attitudes. In the Core Learning Evaluation stage, the teacher conducts an assessment through written tests and unwritten tests. The written test is carried out through Daily Exams (UH), Mid-test Exam (PTS) and End Semester Exam (PAS). Then for the unwritten test, the teacher gives an assessment of students based on group discussion activities, group presentations, and a question and answer session which is held after the group presentation activities. The assessment was taken based on the activeness and attitude of the students during group discussion activities, group presentations, and question and answer sessions. Keywords: Learning History, Learning Planning, Learning Implementation, Learning Evaluation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Djunaidi M. Hum. 2). Sri Martini M. Hum.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 17159 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:59
Last Modified: 06 Mar 2023 01:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38049

Actions (login required)

View Item View Item