PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI PROVINSI JAWA BARAT

TITIN SUNARYATI, . (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI PROVINSI JAWA BARAT. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e Modul untuk meningkatkan literasi karakter pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan peserta didik kelas II di Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, dengan jumlah responden 100 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan dengan model Dick and Carey, teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket, hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Dari hasil uji coba pakar materi memperoleh rata-rata 4,91 dengan kriteria sangat baik, pakar media memperoleh rata-rata 4,95 dengan kriteria sangat baik , dan pakar bahasa memperoleh rata-rata 4.96 dengan kriteria sangat baik. Pada uji skala perorangan One to One Try Out diperoleh rata-rata 4,87 dengan kriteria layak dipergunakan, uji coba skala kecil small group try-out memperoleh rata-rata 4.81 dengan kriteria layak dipergunakan, selanjutnya dilakukan uji coba produk skala besar field try-out memperoleh rata rata 4.87 dengan ktiteria layak dipergunakan. Sedangakan untuk melihat efektifitas e-modul menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) menunjukan siginfikan atau p-value 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e modul yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti valid, praktis, efetif dan memiliki efek potensial terhadap peningkatan literasi karakter peserta didik dari 65,60 menjadi 83.30 yaitu karakter spiritual, demokratis, sopan santunn, toleransi dan persatuan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Kata Kunci : E Modul, literasi Karakter, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan*************This study aims to produce an e-module product to improve character literacy in the subject of Pancasila Citizenship Education for grade II elementary school students in Bekasi Regency, West Java Province with 100 students as respondents. The research method used was Development Research with the Dick and Carey model, data collection techniques in the form of interviews and questionnaires, the results of the research were analyzed using the SPSS version 25 application. the media got an average of 4.95 with very good criteria, and linguists got an average average 4.96 with very good criteria. In individual one-on-one scale trials an average of 4.87 was obtained with usable criteria, small-scale trials obtained an average of 4.81 with usable criteria, then large-scale field trials were conducted. try-out obtained an average of 4.87 with the appropriate criteria to use. Meanwhile, to see the effectiveness of the e-module using a two-way different test (t-test) shows a significant or p-value of 0.000 <0.05. Based on the results of the study, it can be concluded that the e module developed in this study proved to be valid, practical, effective and has the potential to influence students' character literacy from 65.60 to 83.30, namely spiritual character, democracy, politeness. , tolerance and togetherness in learning Citizenship Education in Elementary Schools.. Keywords: Module E, Character literacy, Pancasila Education and Citizenship

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1. Prof.Dr.Nadiroh, M.Pd 2. Prof.Dr.M Syarif Sumantri, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 17484 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2023 06:22
Last Modified: 06 Mar 2023 06:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38050

Actions (login required)

View Item View Item