PENGGUNAAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI SMAN 61 JAKARTA

SYAHIDI AHDAN GAFFAR, . (2023) PENGGUNAAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI SMAN 61 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana penggunaan unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) pada pembelajaran sejarah Indonesia di SMAN 61 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran sejarah, siswa kelas XI dan XII, serta wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dan wawancara dilakukan oleh peneliti secara langsung dengan mendatangi SMAN 61 Jakarta. Teknik kalibrasi keabsahan data dengan melakukan triangulasi. Teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pada pelajaran Sejarah Indonesia di SMAN 61 Jakarta sudah baik. Penerapan UKBM menggunakan modul yang sudah dirancang sesuai dengan silabus, KI, KD dan mengacu pada RPP. UKBM merupakan bentuk implementasi media pembelajaran kurikulum 2013. UKBM dalam penelitian ini dikaitkan dengan teori kondisi pembelajaran Gagne yang mencakup lima aspek, yaitu membuat siswa dapat menyampaikan materi secara verbal, menjadi media untuk pembelajaran, strategi kognitif dalam pengembangan diri siswa. Kemudian sikap yang harus diambil dalam proses terbentuknya Bangsa Indonesia dan keterampilan motorik pembelajaran Sejarah Indonesia di dalam UKBM agar dapat memahami pembelajaran dengan baik. Dalam pembelajaran Sejarah Indonesia, UKBM mencangkup pembelajaran faktual, konseptual, kontekstual atau kognitif. Faktor pendukung UKBM pada pelajaran Sejarah Indonesia yaitu semua fasilitas yang disediakan oleh sekolah. Faktor penghambat penggunaan UKBM pada pelajaran Sejarah Indonesia yaitu dalam proses perencanaan modul yang akan dibuat untuk proses belajar mengajar. The research aims to see how the use of independent learning activity units (UKBM) in learning Indonesian history at SMAN 61 Jakarta. This study used qualitative research methods. The data sources in this study were history teachers, students in grades XI and XII, as well as vice principals in the field of curriculum. Data collection techniques are carried out by observation, interviews, and documentation. Observations and interviews were carried out by researchers directly by visiting SMAN 61 Jakarta. The technique of calibrating the validity of the data is by conducting triangulation. Data analysis techniques by doing data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the use of the Independent Learning Activity Unit (UKBM) in Indonesian History lessons at SMAN 61 Jakarta was good. The implementation of UKBM uses modules that have been designed according to the syllabus, KI, KD and refers to the lesson plans. UKBM is a form of implementing the 2013 curriculum learning media. UKBM in this study is associated with Gagne's theory of learning conditions which includes five aspects, namely enabling students to convey material verbally, being a medium for learning, cognitive strategies in student self-development. Then the attitude that must be taken in the process of forming the Indonesian Nation and the motor skills of learning Indonesian History at UKBM in order to understand the lesson well. In learning Indonesian history, UKBM includes factual, contextual, contextual or cognitive learning. The supporting factors for UKBM in Indonesian History Lessons are all the facilities provided by the school. The inhibiting factor for using UKBM in Indonesian History lessons is in the module process that will be made for the teaching and learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nur'aeni Marta, M.Hum. 2). Dr. Nurzengky Ibrahim, MM.
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 16881 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2023 05:35
Last Modified: 06 Mar 2023 05:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38052

Actions (login required)

View Item View Item