PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KALANGAN GENERASI Z (Studi Kuantitatif Konten #RacunTikTok Produk Kecantikan)

AISYA, . (2023) PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KALANGAN GENERASI Z (Studi Kuantitatif Konten #RacunTikTok Produk Kecantikan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy

Abstract

Konten #RacunTikTok menjadi salah satu konten yang paling banyak ditemukan di media sosial TikTok. TikTok sendiri menjadi media sosial yang paling digemari oleh kalangan Generasi Z. Indonesia menduduki peringkat keenam negara konsumtif yang mana perilaku konsumtif ini terjadi di berbagai lapisan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Terpaan Media Sosial TikTok terhadap Perilaku Konsumtif Kalangan Generasi Z (Studi Kuantitatif Konten #RacunTikTok Produk Kecantikan). Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu Terpaan Media dan Perilaku Konsumtif. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media baru oleh McQuail dengan konsep terpaan media oleh Slater. Variabel terpaan media terdiri dari tiga dimensi, yaitu frekuensi, durasi dan atensi. Kemudian variabel perilaku konsumtif juga terdiri dari tiga dimensi, yaitu pembelian impulsif, pemborosan dan mencari kesenangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah Kalangan Generasi Z Mahasiswa Tata Rias Universitas Negeri Jakarta 2020-2022 yang berjumlah 322 orang. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 76 orang berdasarkan perhitungan dengan rumus Slovin. Data yang peneliti dapatkan berupa data primer dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden. Kemudian peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa dari variabel terpaan media, dimensi atensi menjadi dimensi dengan nilai mean tertinggi yang berarti rata-rata Kalangan Generasi Z Mahasiswa Tata Rias Universitas Negeri Jakarta 2020-2022 memberikan perhatiannya saat menonton konten #RacunTikTok produk kecantikan. Dibuktikan dengan indikator menyimak dan mengerti isi pesan sebagai indikator dengan nilai mean tertinggi. Untuk variabel perilaku konsumtif, dimensi pembelian secara impulsif menjadi dimensi dengan nilai mean tertinggi. Hal ini menunjukkan bahwa Kalangan Generasi Z Mahasiswa Tata Rias Universitas Negeri Jakarta 2020-2022 rata-rata melakukan pembelian secara impulsif produk-produk kecantikan dari #RacunTikTok. Dibuktikan dengan indikator membeli atas dasar harga, bukan kebutuhan sebagai indikator dengan nilai mean tertinggi. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan adalah ada pengaruh terpaan media sosial TikTok konten #RacunTikTok produk kecantikan terhadap perilaku konsumtif kalangan Generasi Z Mahasiswa Tata Rias Universitas Negeri Jakarta 2020-2022 yang signifikan sebesar 54,4%. Di mana Kalangan Generasi Z Mahasiswa Tata Rias Universitas Negeri Jakarta 2020-2022 memberikan perhatian saat menonton konten #RacunTikTok produk kecantikan dan mengerti informasi yang diberikan sehingga mendorong untuk berperilaku konsumtif dengan melakukan pembelian impulsif. Kata Kunci: Terpaan Media, Perilaku Konsumtif, TikTok, Generasi Z #RacunTikTok content is one of the most founded content on TikTok social media. TikTok itself is the most popular social media among Generation Z. Indonesia is ranked sixth in consumptive countries where this consumptive behavior occurs in various layers in society. This study aims to determine the influence of TikTok's Social Media Exposure on Consumptive Behavior among Generation Z (Quantitative Study of Content #RacunTikTok Beauty Products). This study use two variables, namely Media Exposure and Consumptive Behavior. The theory used in this study is a new media theory by McQuail with the concept of media exposure by Slater. The media exposure variable consists of three dimensions, namely frequency, duration and attention. Then the variable of consumptive behavior also consists of three dimensions, namely impulsive buying, waste and seeking pleasure. This research is a quantitative research with a survey method. The population in this study is Generation Z of Cosmetology Students 2020-2022 at Universitas Negeri Jakarta which total of 322 people. The total sample of this study was 76 people based on calculations with Slovin formula. The primary data that the researchers got are from the results of distributing questionnaires to respondents, the researcher performed data analysis using a simple linear regression method. The results of the study showed that from the media exposure variable, attention became the dimension with the highest mean value which means the average Generation Z of Cosmetology Students 2020-2022 at Universitas Negeri Jakarta gives their attention while watching content #RacunTikTok beauty products. Evidenced by the indicator of listening and understanding the content of the message as the indicator with the highest mean value. For consumptive behavior variable, the purchasing impulsively becomes the dimension with the highest mean value. This shows that Generation Z of Cosmetology Students 2020-2022 at Universitas Negeri Jakarta on average make impulsive purchases of beauty products from #RacunTikTok. It is evidenced by the indicator buying on the basis of price, not necessity as the indicator with the highest mean value. The conclusion of this study based on the results of the research obtained is that there is an influence of TikTok's social media exposure of beauty product #RacunTikTok content on consumptive behavior among Generation Z Cosmetology students at Universitas Negeri Jakarta 2020-2022 are significant at 54.4%. Where Generation Z of Cosmetology Students 2020-2022 at Universitas Negeri Jakarta pay attention when watching content #RacunTikTok beauty products and understand the information provided so that it encourages behavior consumptive by making impulsive purchases. Keywords: Media Exposure, Consumptive Behavior, TikTok, Generation Z

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Vera Wijayanti Sutjipto, M.Si. 2). Maulina Larasati Putri M.I.Kom.
Subjects: Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 17049 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2023 00:45
Last Modified: 15 Mar 2023 00:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38160

Actions (login required)

View Item View Item