PENGEMBANGAN MEDIA PENUNJANG KARTU BERGAMBAR ELEKTRONIK PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR

ROYANA YUKSAFA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PENUNJANG KARTU BERGAMBAR ELEKTRONIK PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut upaya pembaharuan dalam pemanfaatannya hasil teknologi dalam proses pembelajaran. Guru dituntut untuk dapat menggunakan media pembelajaran yang tersedia di sekolah. Namun media yang ada tidak menutup kemungkinan tidak sesuai dengan zaman, maka dari itu guru juga dituntut untuk bisa mampu memilih dan sedapat mungkin membuat media pembelajaran untuk mencapai pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan tujuan dari proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar elektronik sebagai media penunjang pada pembelajaran PPKn materi pengamalan nilai-nilai pancasila serta dapat mengetahui kelayakan produk berdasarkan validasi media tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kramat pela 07 sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini akan menghasilkan produk berupa media kartu bergambar elektronik untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian dan pengembangan ADDIE yang dilakukan peneliti memiliki langkah-langkah sebagai berikut; (1) analisis kebutuhan peserta didik dan guru; (2) membuat rancangan produk; (3) merealisasikan rancangan produk ke dalam bentuk siap pakai dan melakukan validasi kepada para ahli. Validasi dilakukan oleh ahli media dengan perolehan nilai 89.5% yang termasuk dalam kategori kelayakan sangat baik, validasi dari ahli materi mendapat nilai 87,5% dengan kategori sangat baik, dan validasi dari ahli bahasa mendapat nilai 87.5% dengan kategori sangat baik; (4) implementasi produk kepada peserta didik. uji coba produk terdiri atas uji one-to-one yang melibatkan 3 orang peserta didik dengan hasil nilai sebesar 89.2% yang termasuk kategori sangat layak, uji small group dengan 10 orang peserta didik yang mendapat nilai sebesar 93.3% dengan kategori sangat baik, dan uji field test yang mendapat nilai sebesar 95% dengan kategori sangat baik; (5) melakukan evaluasi. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan uji pengguna maka media kartu bergambar elektronik layak digunakan di dalam pembelajaran PPKn kelas V Sekolah Dasar. The development of science and technology demands renewal efforts in the utilization of technological results in the learning process. Teachers are required to be able to use learning media available in schools. However, the existing media does not rule out the possibility of not being in accordance with the times, therefore teachers are also required to be able to choose and make learning media as much as possible to achieve the expected learning in accordance with the objectives of the learning process. Therefore, this research and development aims to produce learning media in the form of electronic picture cards as supporting media in Civics learning on the practice of Pancasila values and to be able to find out the validation of these media in class V of Elementary School. The sample in this study were 33 students in class V at SDN Kramat Pela 07. Data collection techniques used are through observation, interviews, and questionnaires. This research produced a product in the form of electronic picture card media for fifth grade elementary school students. The research and development of ADDIE conducted by researchers involved the following steps (1) analysis of the needs of students and teachers; (2) make product designs; (3) realizing the product design into a ready-to-use form and validating it to experts. Validation was carried out by media experts with a score of 89.5% which was included in the very good feasibility category, validation from material experts scored 87.5% in the very good category, and validation from linguists scored 87.5% in the very good category; (4) product implementation to students. Product trials consisted of a one-to-one test involving 3 students with a score of 89.2% which was in the very decent category, a small group test with 10 students who scored 93.3% in the very good category, and a test field test which scored 95% in very good category; (5) do evaluation. Based on the results of validation by experts and user tests, electronic picture card media is suitable for use in learning PPKn class V Elementary School

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi HIdayat, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Edwita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 17237 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2023 05:30
Last Modified: 09 Mar 2023 05:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38238

Actions (login required)

View Item View Item