PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN POLA ASUH ORANG TUA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI JAKARTA TIMUR

PUTRI ANDINI, . (2023) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN POLA ASUH ORANG TUA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor internal seperti disiplin belajar dan motivasi belajar dan juga faktor eksternal seperti pola asuh orang tua yang dapat memengaruhi kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar, pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar, pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar dengan pola asuh orang tua sebagai variabel moderasi dan pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar dengan pola asuh orang tua sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang diambil yaitu pada SMKN 40 Jakarta, SMKN 48 Jakarta dan SMKN 50 Jakarta yang berjumlah 143 siswa. Adapun pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 105 siswa. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar, terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar, tidak terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar dengan pola asuh orang tua sebagai variabel moderasi dan tidak terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar dengan pola asuh orang tua sebagai variabel moderasi. Kata kunci: kemandirian belajar, disiplin belajar, motivasi belajar, pola asuh orang tua *** This research is motivated by internal factor such as learning discipline and learning motivation also external factors such as parenting patterns that can influence self-regulated learning. This study This study aims to determine the influence of learning discipline on self-regulated learning, the influence of learning motivation on self-regulated learning, the influence of learning discipline on self-regulated learning with parenting patterns as a moderating variable and the influence of learning motivation on self-regulated learning with parenting patterns as a moderating variable. This type of research is a quantitative research with a survey method. The population taken was at SMKN 40 Jakarta, SMKN 48 Jakarta and SMKN 50 Jakarta which amounted to 143 students. The sampling used simple random sampling so that a sample of 105 students was obtained. The results of the analysis requirements test show that the data is normally distributed and has a linear relationship. The results of this study show that there is an influence of learning discipline on self-regulated learning, there is an influence of learning motivation on self-regulated learning, there is no influence of learning discipline on self-regulated learning with parenting patterns as a moderating variable and there is no influence of learning motivation on self-regulated learning with parenting patterns as a moderating variable. Keywords: self-regulated learning, learning discipline, learning motivation, parenting patterns

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Etty Gurendrawati, M.Si,Ak. ; 2). Ati Sumiati, M.M.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 17914 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:24
Last Modified: 09 Mar 2023 06:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38284

Actions (login required)

View Item View Item