IMPLEMENTASI PROGRAM SMK PUSAT KEUNGGULAN DI SMK NEGERI 1 KEMANG BOGOR DILIHAT DARI KONSEP 8+I LINK AND MATCH

WINA AHMANDA, . (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM SMK PUSAT KEUNGGULAN DI SMK NEGERI 1 KEMANG BOGOR DILIHAT DARI KONSEP 8+I LINK AND MATCH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2021, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi membuat program SMK Pusat Keunggulan sebagai solusi permasalahan mismatch atau kesenjangan yang terjadi antara pendidikan kejuruan dengan dunia kerja. SMK Negeri 1 Kemang termasuk SMK yang sudah menerapkan program ini walaupun tergolong yang masih baru didirikan yaitu sekitar tahun ajaran 2016/2017, akibatnya pada tahun 2020 SMK Negeri 1 Kemang memiliki lulusan yang masih sedikit. Salah satu contohnya yaitu pada kompetensi keahlian DPIB yang hanya menghasilkan 14 orang lulusan dengan persentase kelulusan 43% bekerja, 50% kuliah dan 7% wiraswasta. Tetapi dari 43% lulusan yang bekerja belum link and match dengan kompetensi keahliannya yaitu DPIB. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan program SMK Pusat Keunggulan pada kompetensi keahlian DPIB SMK Negeri 1 Kemang dilihat dari konsep 8+I link and match. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif di SMK Negeri 1 Kemang. Data penelitian didapatkan dari proses wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Wawancara dilakukan dengan guru produktif keahlian DPIB, wakil ketua kurikulum, wakil ketua bidang hubungan industri, peserta didik dan guru bimbingan konseling. Studi dokumentasi dan observasi dilakukan sebagai data pendukung hasil wawancara. Analisis data dilakukan dengan model dari Miles & Huberman (1994) yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Negeri 1 Kemang sebagai SMK Pusat Keunggulan sudah menerapkan poin-poin 8+I link and match sesuai dengan standar minimum dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi , walaupun masih ada beberapa poin yang harus dikembangkan seperti kurikulum yang kembangkan bersama dengan dunia kerja, pembelajaran projek sesuai dengan projek nyata dari dunia kerja, instruktur yang didatangkan dari dunia kerja, sertifikasi kompetensi dan teaching factory. ***** In 2021, the Directorate General of Vocational Education created the Vocational Center of Excellence program as a solution to the problem of mismatch or gaps that occur between vocational education and the world of work. SMK Negeri 1 Kemang is one of the SMKs that have implemented this program even though it is still relatively new, namely around the 2016/2017 school year, as a result in 2020 SMK Negeri 1 Kemang has very few graduates. One example is DPIB's expertise competence which only produced 14 graduates with a graduation percentage of 43% working, 50% studying and 7% being self-employed. However, 43% of graduates who work do not have a link and match with their competency expertise, namely DPIB. This research was conducted to find out how the SMK Negeri 1 Kemang 1 Kemang program is implemented in the SMK Negeri 1 Kemang concept of 8+I link and match. The research method used is descriptive qualitative at SMK Negeri 1 Kemang. Research data obtained from the interview process, study documentation and observation. Interviews were conducted with productive teachers with expertise in DPIB, vice chairman of curriculum, vice chairman of industrial relations, students and teachers of counseling guidance. Documentation and observation studies were carried out as supporting data for interview results. Data analysis was carried out using the model from Miles & Huberman (1994), namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The credibility of the data is checked by data triangulation. The results of the research show that SMK Negeri 1 Kemang as a Center of Excellence Vocational School has implemented 8+I link and match points in accordance with the minimum standards from the Directorate General of Vocational Education, although there are still some points that need to be developed such as a curriculum that is developed together with the industry, project learning in accordance with real projects from the industry, instructor from the industry, competency certification and teaching factoriy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Arris Maulana, S.T., M.T. ; 2). R. Eka Murtinugraha, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 17694 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:25
Last Modified: 09 Mar 2023 07:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38314

Actions (login required)

View Item View Item