PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-COMIC BERORIENTASI NILAI TOLERANSI PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SD

SILFANI ISNA RAHAYU, . (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-COMIC BERORIENTASI NILAI TOLERANSI PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (824kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Disseminate). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan efektifitas E-Comic berorientasi nilai toleransi muatan pembealajaran PPKn kelas IV Sekolah Dasar. Instrumen dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan tes sikap toleransi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-Comic sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran PPKn untuk meningkatkan sikap toleransi siwa kelas IV Sekolah Dasar. **** This research is a research and development (R&D) using a 4-D development model which consists of four stages, namely define, design, develop, and disseminate. The purpose of this study was to develop, determine the feasibility and effectiveness of E-Comic to increased value of Tolerance in the fourth grade elementary school students. Instruments and data collection techniques in this study used interviews, questionnaires, and tests of Toleransi. The results obtained from this study indicate that E-Comic very feasibility and effective to use in learning of PPKn to increased value of Tolerance in the fourth grade elementary school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Yurniwati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 17593 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:21
Last Modified: 10 Mar 2023 06:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38367

Actions (login required)

View Item View Item