PENGEMBANGAN MEDIA LITERASI KEUANGAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF PADA IBU RUMAH TANGGA

VINKEN AFA SALSABILA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA LITERASI KEUANGAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF PADA IBU RUMAH TANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan di dalam kehidupan memang tidak akan pernah ada habisnya. Seperti, rendahnya tingkat literasi keuangan pada sebagian ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan yang menyeseuaikan dengan kondisi. Setiap orang perlu waspada dalam proses mengelola keuangannya agar tercapainya keseimbangan pendapatan terhadap pengeluaran, hal tersebut guna tercapainya kesejahteraan hidup yang diinginkan. Sebuah produk bernama video interaktif dibuat dengan menggunakan metodologi desain pembelajaran ADDIE. Singkatan model ini adalah dari proses yang terlibat dalam pembuatan bahan pembelajaran, termasuk menganalisis (analyze), merancang (design), mengembangkan (develop), menerapkan (implement), dan mengevaluasi (evaluate). Berdasarkan hasil validasi pengembangan media video interaktif dari ahli materi dan ahli media meenunjukan bahwa video interaktif ini layak untuk digunakan. Perubahan yang terjadi pada sasaran penelitian adalah para sasaran menjadi lebih termotivasi untuk melakukan literasi keuangan serta menambah wawasan bahwa pentingnya untuk melakukan literasi keuangan. Problems in life will never end. For example, some housewives' lack of financial literacy makes it difficult for them to manage their finances in accordance with their needs. Everyone needs to be vigilant in the process of managing their finances in order to achieve a balance of income and expenses, which is necessary to achieve the desired welfare of life. A product called interactive video was created using the ADDIE learning design methodology. This model stands for the processes involved in making learning materials, including analyzing, designing, developing, implementing, and evaluating. Based on the validation results of the development of interactive video media from material experts and media experts, it shows that this interactive video is feasible to use. The changes that occur in the research objectives are that the targets become more motivated to carry out financial literacy and gain insight into why it is important to carry out financial literacy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sri Koeswantono W, M.Si ; 2). Intan Purnama Dewi, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 17450 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:48
Last Modified: 14 Mar 2023 01:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38395

Actions (login required)

View Item View Item