EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA KOMUNITAS SYEKHERMANIA NGAPAK PERANTAUAN, BEKASI

MIFTAHUDIN, . (2023) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA KOMUNITAS SYEKHERMANIA NGAPAK PERANTAUAN, BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran fiqih yaitu tingkat kesesuaian program dengan kebutuhan warga belajar, faktor pendukung dalam proses pembelajaran seperti sarana serta sumber daya manusia, proses pembelajaran, dan keluarah atau hasil dari program yang dilaksanakan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu sampling jenuh dimana jumlah sampel 32 orang dengan menggunakan metode penelitian evaluasi deskriptif, data diperoleh melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistic persentase dengan kategori data yang telah ditentukan. Model yang digunakan dalam peneltian ini yaitu evaluasi Contexs, Input, process dan product (CIPP) yang merupakan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan suatu program khususnya dalam program pembelajaran fiqih. Aspek konteks bertujuan untuk mengetahui kesesuaian program dengan kebutuhan dan kebutuhan apa saja yang belum terpenuhi lalu dari hal tersebut akan menentukan tindakan atau langkah-llangkah yang perlu dilakukan. Aspek masukan dalam penelitian bertujuan untuk mengetahui factor pendukung dalam program pembelajaran ini. Aspek proses dalam penelitian bertujuan untuk melihat, mengumpulkan informasi serta Menyusun laporan yang berkaitan dengan implementasi pelaksanaan program yaitu melihat tingkat keberhasilan proses pembelajaran fiqih, dan evaluasi produk dalam pnelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan program pembelajaran fiqih pada Komunitas Syekhermania Ngapak Perantauan. Program pembelajaran fiqih pada komunitas syekermania ngapak perantauan sudah berjalan secara efektif sesuai dengan aspek-aspek keberhasilan program dengan mendapat skor rata-rata keseluruhan dari hasil penyebaran angket 3,50 adapun jika berdasarkan persentase yaitu 87,39 %. This study aims to evaluate the fiqh learning program, namely the level of suitability of the program with the needs of the learning community, supporting factors in the learning process such as facilities and human resources, the learning process, and outputs or results from the implemented program. The sampling technique in this study was saturated sampling where the number of samples was 32 people using descriptive evaluation research methods, data were obtained through questionnaires, interviews, observation and documentation. Data analysis uses percentage statistical analysis with predetermined data categories. The model used in this research is the Context, Input, Process and Product (CIPP) evaluation which is an evaluation to determine the success of a program, especially in fiqh learning programs. The context aspect aims to determine the suitability of the program with the needs and what needs have not been met and from this will determine the actions or steps that need to be taken. The input aspect in the study aims to determine the supporting factors in this learning program. Aspects of the process in the research aim to see, collect information and compile reports related to the implementation of the program, namely to see the success rate of the fiqh learning process, and product evaluation in this study aims to find out the results of the implementation of the fiqh learning program in the Overseas Syekhermania Ngapak Community. The fiqh learning program in the Syekermania Ngapak Overseas community has been running effectively in accordance with aspects of program success by obtaining an overall average score from the results of distributing questionnaires of 3.50 while based on a percentage of 87.39%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Hafid Abbas. ; 2). Drs. Ahmad Tijari, M. Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 17977 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:40
Last Modified: 14 Mar 2023 02:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38444

Actions (login required)

View Item View Item