PENGGUNAAN ZOOM PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM JARINGAN MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SMAN 11 JAKARTA

GLORIA FEBIOLA SIMANJUNTAK, . (2023) PENGGUNAAN ZOOM PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM JARINGAN MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SMAN 11 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (817kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan dampak terhadap sektor pendidikan yaitu perubahan pembelajaran dari pembelajaran tatap muka berubah menjadi Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Jaringan (PJJ Daring). Dengan adanya perubahan sistem pembelajaran seperti ini, diperlukan media yang dapat mendukung proses pembelajaran. SMAN 11 Jakarta adalah salah satu sekolah yang menggunakan aplikasi Zoom sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin selama PJJ Daring. Penelitian ini mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan selama penggunaan aplikasi Zoom sebagai media PJJ Daring selama kegiatan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) Bahasa Mandarin kelas XI MIPA-2 SMAN 11 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara melakukan observasi terhadap video rekaman pembelajaran menggunakan Zoom dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-MIPA 2 SMAN 11 Jakarta tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Zoom sebagai media PJJ Daring bahasa Mandarin kelas XI MIPA-2 SMAN 11 Jakarta dapat berjalan dengan baik. Kelebihan penggunaan Zoom yaitu mudah digunakan, kualitas suara dan video sangat baik, banyak fitur yang dapat digunakan, dapat melakukan interaksi seperti di dalam kelas. Adapun kekurang penggunaan Zoom yaitu sinyal yang kurang stabil sangat mempengaruhi proses pembelajaran, membuat boros kuota, penggunaan akun gratis menyebabkan adanya batasan layanan, hilangnya fokus belajar peserta didik apabila tidak memanfaatkan fitur yang tersedia. The COVID-19 pandemic has impact on the education sector, leading to a shift from face-to-face learning to Online Distance Learning. Along with this change in the learning system, media that can support the learning process is needed. State Senior High School 11 Jakarta (SMAN 11 Jakarta) is one of the schools that uses the Zoom application as a media for teaching Chinese during Distance Learning. This study aims to describes the advantages and disadvantages of using the Zoom application as a media for Online Distance Learning during the Chinese Language Teaching Skill Practice (PKM) for second grade class 2 of Mathematics and Natural Sciences (XI MIPA-2) at SMAN 11 Jakarta. The study method used is qualitative descriptive. Data collection was carried out by observing video recordings of learning using Zoom and documentation. The study subjects are students of XI MIPA-2 at SMAN 11 Jakarta of the 2021/2022 academic year. The study results show that the use of Zoom as a media for Online Distance Learning in teaching Mandarin for class XI MIPA-2 at SMAN 11 Jakarta conducted smoothly. The advantages of using Zoom are practical, good quality of sound and video , there are also many features that can be applied, and interaction can be done as if in a classroom. However, the disadvantages of using Zoom are the unstable signals significantly affect the learning process, it can be excessive data-consuming, using a free account has service limitations, and the focus of students can be distracted if not utilizing the available features properly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hasan, S.Sos., M.Pd. ; 2). Vanya Zelia, S.S., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 17503 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:23
Last Modified: 14 Mar 2023 03:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38467

Actions (login required)

View Item View Item