MUTMAINATUNISA, . (2023) PENGGUNAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYUSUNAN STRUKTUR KALIMAT BERPOLA SPOK BAGI SISWA TUNARUNGU (KELAS X SLB NEGERI 5 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (527kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (407kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penyusunan struktur kalimat SPOK dengan menggunakan Metode Maternal Reflektif pada kegiatan pembelajaran siswa tunarungu kelas X di SLBN 5 Jakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dengan menggunakan Metode Maternal Reflektif dapat meningkatkan kemampuan penyusunan struktur kalimat berpola SPOK. Dari hasil analisis yang digunakan dengan uji perbedaan (uji t) membuktikan hasil t hitung tindakan I yaitu 1,57 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak, tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil sebelum diberi tindakan dan setelah diberi tindakan, sehingga dilaksanakan tindakan selanjutnya. Pada tindakan II mendapatkan hasil t hitung 84,15 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka terlihat adanya perbedaan yang signifikan sebelum diberikan tindakan dan setelah diberikan tindakan II. Dengan meningkatnya hasil kemampuan menyusun kalimat pada siswa tunarungu bahwa dapat dikatakan penggunaan Metode Maternal Reflektif bagi siswa tunarungu kelas X di SLBN 5 Jakarta dapat meningkat. This study aims to improve the ability to compose SPOK sentence structures using the Reflective Maternal Method in the learning activities of class X deaf students at SLBN 5 Jakarta. This research is a Classroom Action Research with four stages in each cycle, namely planning, implementing, observing, and reflecting. The results of research using the Maternal Reflective Method can improve the ability to compose SPOK-patterned sentence structures. From the results of the analysis used with the difference test (t test) to prove the result t count of action I, namely 1.57 so that H0 is accepted and H1 is rejected, there is no significant difference between the results before being given the action and after being given the action, so that further action is carried out. In action II, the result of t count is 84.15 so that H0 is rejected and H1 is accepted, it can be seen that there is a significant difference before being given action and after being given action II. With the increase in the ability to compose sentences for deaf students, it can be said that the use of the Maternal Reflective Method for deaf students in class X at SLBN 5 Jakarta can increase.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Bahrudin, M.Pd ; 2). Dr. Irah Kasirah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 17153 not found. |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 01:52 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 01:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38478 |
Actions (login required)
View Item |